tempat wisata yogya
source image: istimewa

5 Tempat Wisata Yogya Terbaru dan Kekinian Banget

Kota Yogya atau biasa disebut dengan kota Pelajar memiliki tempat wisata Yogya yang sangat beragam dan memiliki banyak pengunjung. Pengunjung dari tempat rekreasi Yogya pun tidak hanya pengunjung lokal saja, akan tetapi ada juga pengunjung asing yang berkunjung ke beberapa tempat rekreasi di Yogyakarta.

Banyak sekali tempat yang cocok untuk mengambil gambar dan mengunggahnya di Instagram, sehingga para wisatawan pun menjadi lebih puas dengan adanya tempat-tempat seperti itu. Tentunya masih banyak orang-orang yang tidak tahu tentang apa saja tempat rekreasi di Yogyakarta.

5 Tempat Wisata Yogya Terbaru dan Kekinian Banget

1. Wisata Kalibiru

Wisata kalibiru ini adalah salah satu tempat rekreasi yang populer karena memiliki pemandangan yang bagus dengan latar belakang jurang dan kota Yogyakarta.

Selain menyajikan pemandangan  yang indah, wisata Kalibiru ini juga menyajikan beberapa fasilitas lain yang sangat seru, contohnya flying fox, sepeda, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, pengunjung pun bisa menaiki sebuah panggung dan pohon, dimana untuk menaikinya pengunjung sudah dilengkapi dengan pengaman.

2. Wisata Kaliadem

Tempat rekreasi ini bisa mengajarkan pada pengunjung tentang sejarah letusan gunung merapi. Tidak hanya itu, pengunjung pun bisa menemukan innerpeace, karena tempat rekreasi tersebut hawanya sejuk, sepi, dan cocok untuk melepaskan kelelahan di tubuh.

Jam buka dari wisata ini 24 jam untuk tiketnya sekitar Rp10.000/orang, karena wisata ini cukup dekat dengan Gunung Merapi. Pengunjung bisa mengambil foto dengan latar belakang Gunung Merapi, dan perlu diketahui jika ingin berkunjung alangkah lebih baik usahakan sebelum pukul 12.00 siang, karena cuacanya sangat panas.

3. Hutan Mangrove Kulon Progo

Sama halnya dengan wisata kaliadem, wisata ini buka 24 jam. Harga tiket masuk wisata Mangrove Kulon Progo Rp3000/orang, dan perlu diketahui, wisata ini adalah kawasan konservasi yangs sengaja dibuka untuk wisatawan.

Hutan Mangrove Kulon Progo ini terkenal dengan keluasannya di Yogyakarta, jadi ada banyak tempat foto yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Dan salah satu tempat berfoto yang ramai dikunjungi oleh wisatawan adalah menara eifel setinggi 10 meter, tempat foto kupu-kupu, dan sepeda ontel.

4. Bukit Kali Kuning

Tempat wisata ini adalah tempat yang sangat ramai dikunjung sebelum letusan gunung Merapi. Namun, pada awal 2017, tempat wisata ini banyak dikunjung kembali dan menjadi tempat wisata yang lebih menarik dibandingkan sebelumnya.

Jam buka Bukit Kali Kuning terbatas, yakni buka pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Perlu diketahui, Kali Kuning adalah sungai yang pernah dialiri oleh lahar saat terjadi letusan Gunung Merapi dan bukitnya terbentuk karena dampak letusan gunung pada saat itu.

5. Musuem Ullen Sentalu

Rekomendasi tempat rekreasi terakhir adalah Museum Ullen Sentalu, jam buka dari wisata ini mulai pukul 08.30 hingga 16.00 WIB. Harga tiket masuk yakni untuk wisatawan domestik seharga Rp35.000, sedangkan mancanegaran Rp55.000. Lokasi dari Museum Ullen Sentalu ada di Kaliurang, Kabupaten Sleman.

Penutup

Itulah beberapa rekomendasi tempat rekreasi yang instagramable di kota Pelajar, meskipun begitu masih banyak tempat rekreasi lainnya yang tidak disajikan. Terimakasih sudah membaca artikel ini.

Semoga bermanfaat!