cara mengatasi hp panas
source image : freepik.com

5 Penyebab dan Cara Mengatasi HP Panas dengan Ampuh

Artikel ini akan menjelaskan tentang penyebab dan cara mengatasi HP panas dengan cara yang ampuh dan mudah untuk dilakukan, simak selengkapnya disini. Ponsel adalah salah satu alat yang digunakan setiap harinya untuk menunjang banyak aktivitas.

Tentunya aktivitas yang digunakan menggunakan ponsel sangat banyak, contohnya mencari tugas, melakukan zoom meeting, bermain game, dan masih banyak lagi. Akan tetapi apabila kinerja ponsel menjadi lambat, tentunya pengguna akan merasa kesal dan aktitas yang dilakukan pun menjadi terganggu.

Dan perlu diketahui, ponsel panas bisa menyebabkan kerusakan, jadi jangan biarkan ponsel terlalu panas dengan waktu yang cukup lama. Oleh sebab itu, kenali penyebab dan bagaimana cara mengatasi ponsel yang panas dengan mudah, simak berikut ulasannya.

5 Penyebab dan Cara Mengatasi HP Panas dengan Ampuh

Penyebab Ponsel Panas

1. Baterai Bermasalah

Ponsel menjadi panas dikarenakan baterai bermasalah, salah satu penyebab ini menjadi alasan utama dan kerap terjadi pada para pengguna ponsel. Kinerja baterai yang menurun akan membuat baterai cepat bocor, sehingga daya baterai pun menjadi lebih cepat abis dan membuat ponsel cepat panas.

2. Terdapat Bug pada Aplikasi

Terdapat bug pada aplikasi yang di install, perlu diketahui masalah bug pada aplikasi memang bisa terjadi. Dan salah satu bug yang membuat ponsel menjadi panas adalah aplikasi yang berjalan secara terus menerus di belakang layar.

3. Terdapat bug pada Sistem Operasi

Terdapat bug pada sistem operasi ponsel, selain bug pada aplikasi, bug pada sistem operasi memungkinkan ponsel menjadi panas. Jika hal ini terjadi bug pada OS tersebut bisa membuat konsumsi daya lebih dari batas normal.

4. Panasnya Suhu Lingkungan

Panasnya suhu lingkungan, perlu diketahui paparan sinar matahari langsung membuat ponsel menjadi panas. Suhu panas yang dikarenakan menggunakan ponsel ditambah dengan suhu panas dari sinar matahari akan menjadi lebih panas 2 sampai 3 kali lipat dari biasanya.

5. Terlalu Lama bermain Game

Terlalu lama bermain game, bermain game adalah aktivitas yang seru untuk dilakukan. Akan tetapi jika ponsel digunakan terlalu lama untuk bermain game, tentunya akan membuat ponsel menjadi panas, karena dengan bermain game ponsel dipaksa untuk bekerja dengan ekstra keras.

Cara Mengatasi Ponsel Panas

1. Gunakan Charger Asli

Beberapa pengguna masih ada yang sembarangan dalam memilih charger. Karena menurut mereka, selama charger bisa mengisi daya dan dapat digunakan, selain itu charger palsu memiliki harga yang lebih murah dibandingkan yang asli.

2. Nonaktifkan Bluetooth atau GPS jika Tidak Digunakan

Menonaktifkan bluetooth dan GPS jika tidak digunakan, perlu diketahui kedua fitur tersebut membutuhkan kinerja yang kuat untuk mengaktifkannya. Sehingga tidak heran jika ponsel akan menjadi panas, karena ponsel bekerja dengan ekstra keras saat mengaktifkannya.

3. Jangan Terlalu Sering Membuka Aplikasi secara Bersamaan

Jangan terlalu sering membuka aplikasi secara bersamaan, karena akan cepat menguras daya baterai lebih cepat. Jadi aplikasi yang sudah tidak digunakan, alangkah lebih baik untuk ditutup agar ponsel tidak kelebihan beban dan menguras daya baterai lebih cepat.

4. Sering-seringlah Menghapus Sampah

Sering-seringlah menghapus sampah, jadi ponsel juga memiliki sampah. Dimana sampah-sampah tersebut berasal dari aplikasi-aplikasi yang digunakan pada ponsel, dengan membersihkannya membuat ponsel terhindar dari suhu yang panas.

5. Gunakan Aplikasi Pendingin Ponsel

Menggunakan aplikasi pendingin ponsel, dimana aplikasi ini sangat banyak di PlayStore. Jadi, pengguna ponsel bisa dengan bebas memilih aplikasi mana yang akan digunakan, contohnya Cooler Master, Cooling Master, Device Master, dan masih banyak lagi.

Kesimpulan

Jadi jauhilah penyebab-penyebab diatas jika tidak ingin suhu ponsel naik dan membuat kinerja ponsel menjadi buruk, bahkan rusak. Contohnya bermain game, aktivitas yang kerap dilakukan akan tetapi memiliki dampak negatif pada ponsel yang membuat ponsel menjadi panas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *