Freerdpserver Solusi Remote Desktop di Linux

Freerdpserver: Solusi Remote Desktop di Linux

Apa itu Freerdpserver?

Freerdpserver adalah sebuah server yang memungkinkan pengguna Linux untuk mengakses komputer jarak jauh melalui Remote Desktop Protocol (RDP) yang berfungsi sebagai penghubung antara komputer yang ingin diakses dan aplikasi Remote Desktop Client. Server ini merupakan alternatif yang sangat berguna bagi pengguna Linux yang ingin mengakses komputer jarak jauh tanpa harus menggunakan perangkat lunak propietary seperti VNC atau TeamViewer.

Mengapa menggunakan Freerdpserver?

Salah satu alasan utama untuk menggunakan server ini adalah kemampuan untuk mengakses komputer jarak jauh melalui protokol RDP. RDP adalah protokol yang sangat efisien dalam mentransfer data dan mengontrol komputer jarak jauh. Selain itu, server ini juga menawarkan kemampuan untuk mengakses komputer jarak jauh melalui koneksi internet yang aman dan terenkripsi. Hal ini memastikan bahwa data yang dikirim dan diterima selama sesi remote desktop tetap aman dan terjaga privasinya.

Instalasi Freerdpserver

Untuk menginstal Freerdpserver di Linux, pertama-tama kita harus memastikan bahwa sistem operasi yang kita gunakan mendukung protokol RDP. Di Ubuntu dan distro Linux lainnya, kita dapat memasang paket xrdp dari repositori apt. Ketik perintah berikut di terminal untuk menginstal paket xrdp:

sudo apt-get install xrdp

Setelah selesai menginstal paket xrdp, kita dapat memulai server dengan mengetik perintah berikut di terminal:

sudo systemctl start xrdp

Kemudian, kita dapat memeriksa status dengan mengetik perintah berikut:

sudo systemctl status xrdp

Jika semua berjalan dengan baik, kita dapat mulai mengakses komputer jarak jauh melalui aplikasi Remote Desktop Client.

Mengakses Komputer Jarak Jauh dengan Freerdpserver

Untuk mengakses komputer jarak jauh dengan server ini, kita harus menggunakan aplikasi Remote Desktop Client. Ada banyak aplikasi Remote Desktop Client yang tersedia untuk Linux, seperti Remmina, Vinagre, dan lain-lain. Setelah memasang aplikasi Remote Desktop Client yang diinginkan, kita dapat membuka aplikasi tersebut dan memasukkan alamat IP atau nama host dari komputer yang ingin diakses. Kemudian, kita dapat memasukkan nama pengguna dan kata sandi untuk masuk ke sesi remote desktop. Saat terhubung ke sesi remote desktop, kita dapat mengontrol komputer jarak jauh seolah-olah kita sedang duduk di depannya. Kita dapat membuka aplikasi, mengedit file, dan melakukan tugas-tugas lainnya seperti biasa.

Konfigurasi Freerdpserver

Server ini memiliki beberapa opsi konfigurasi yang dapat diatur untuk meningkatkan kinerja dan keamanan. Untuk mengakses opsi konfigurasi, kita dapat membuka file /etc/xrdp/xrdp.ini. Beberapa opsi konfigurasi yang berguna adalah:

1. port

Port yang digunakan oleh Freerdpserver untuk menerima koneksi RDP.

2. crypt_level

Tingkat enkripsi yang digunakan untuk melindungi sesi remote desktop.

3. sesman.ini

File konfigurasi untuk sesman, komponen yang bertanggung jawab untuk mengatur sesi remote desktop.

Kesimpulan

Freerdpserver adalah solusi Remote Desktop yang sangat berguna bagi pengguna Linux yang ingin mengakses komputer jarak jauh melalui protokol RDP. Server ini mudah diinstal dan dikonfigurasi, dan menawarkan kemampuan untuk mengakses komputer jarak jauh dengan aman dan terenkripsi. Dengan Freerdpserver, pengguna Linux dapat bekerja dari mana saja dan kapan saja tanpa harus khawatir tentang kehilangan akses ke komputer mereka. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mencoba menggunakan Freerdpserver.

Semoga bermanfaat.