Pantai Samas Surga Tersembunyi di Yogyakarta

Pantai Samas: Surga Tersembunyi di Yogyakarta

Rute Menuju Pantai Samas

Pantai Samas terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Jika Anda berasal dari pusat kota Yogyakarta, maka perjalanan menuju pantai dapat ditempuh selama kurang lebih 1,5 jam dengan menggunakan kendaraan bermotor. Berikut adalah beberapa rute menuju lokasi:

1. Melalui Rute Wonosari

Jika Anda berasal dari arah barat daya Yogyakarta, maka rute menuju pantai ini dapat melalui Wonosari. Dari arah barat daya Yogyakarta, Anda dapat melewati Jalan Wonosari – Gunungkidul dan Jalan Pantai Selatan. Setelah melewati Pantai Baron, Pantai Kukup, dan Pantai Krakal, lokasi pantai akan terletak di sebelah kanan jalan.

2. Melalui Rute Wonosari – Jepitu

Alternatif lain menuju Pantai Samas adalah melalui rute Wonosari – Jepitu. Rute ini lebih panjang, namun lebih aman karena melalui jalan yang lebih lebar dan lebih sedikit tanjakan. Setelah melewati kawasan hutan pinus Pengger, Anda akan melewati Pantai Drini dan Pantai Sepanjang sebelum tiba di lokasi.

3. Melalui Rute Gunungkidul

Rute ini biasa dipilih jika Anda berasal dari arah timur Yogyakarta atau dari arah Wonogiri. Rute menuju lokasi pantai melalui Gunungkidul dapat melalui Jalan Imogiri – Dlingo – Wonosari. Setelah tiba di Wonosari, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke arah Pantai Selatan.

Aktivitas di Lokasi Wisata

Pantai Samas memiliki keindahan yang memukau. Pantai ini masih terjaga keaslian dan kealamian alamnya. Selain menikmati keindahan pantai, ada beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di lokasi wisata.

1. Berenang dan Bermain di Pantai

Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang bersih. Anda dapat menikmati keindahan pantai dan bermain air di sepanjang pantai. Selain itu, Anda juga dapat bermain voli pantai bersama teman atau keluarga.

2. Wisata Kuliner

Setelah lelah bermain air, Anda dapat mencicipi kuliner di sekitar pantai. Ada banyak warung makan dan pedagang kaki lima yang menyediakan makanan khas daerah seperti seafood, mie instan, dan lain-lain.

3. Menikmati Sunset

Menikmati sunset adalah pengalaman yang tidak boleh Anda lewatkan. Anda dapat menikmati matahari terbenam dengan latar belakang pulau-pulau kecil yang indah.

4. Snorkeling dan Diving

Bagi Anda yang menyukai aktivitas snorkeling dan diving, pantai ini juga menyediakan spot yang menarik untuk melakukan aktivitas tersebut. Anda dapat melihat keindahan terumbu karang dan ikan-ikan laut yang berwarna-warni.

Harga Tiket Masuk Wisata

Untuk masuk ke lokasi wisata pantai ini, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000/orang. Selain itu, Anda juga harus membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Kesimpulan

Pantai Samas adalah destinasi wisata yang wajib dikunjungi jika Anda berkunjung ke Yogyakarta. Selain keindahan pantainya yang memukau, Anda juga dapat melakukan berbagai aktivitas menarik di lokasi wisata ini. Dengan harga tiket masuk yang terjangkau, Pantai Samas dapat menjadi alternatif liburan yang menyenangkan bersama keluarga atau teman.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin berkunjung ke Pantai Samas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *