Tumpak Sewu Keindahan Air Terjun Tersembunyi di Jawa Timur

Tumpak Sewu: Keindahan Air Terjun Tersembunyi di Jawa Timur

Pengenalan

Tumpak Sewu adalah salah satu destinasi wisata alam yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Air terjun ini terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan. Dikenal juga sebagai air terjun tersembunyi yang menyimpan pesona keindahan yang luar biasa.

Keunikan

Tumpak Sewu memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya menjadi salah satu destinasi wisata yang paling diminati di Jawa Timur. Salah satu keunikan tersebut adalah keberadaan air terjun yang menjulang tinggi dan membentuk tumpukan air seperti gorden yang jatuh dari ketinggian. Keunikan yang lain adalah keberadaan gua di balik air terjun. Gua tersebut dapat diakses dengan cara naik perahu dan menyusuri sungai.

Lokasi

Air terjun ini terletak di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Untuk mencapai lokasi ini, wisatawan harus melewati jalan yang berkelok-kelok dan menantang. Namun, perjalanan yang melelahkan akan terbayar dengan keindahan alam yang luar biasa.

Rute Menuju Tumpak Sewu

Ada beberapa rute yang dapat ditempuh untuk menuju lokasi. Rute pertama adalah melalui Surabaya dan Probolinggo. Setelah itu, wisatawan harus melanjutkan perjalanan ke arah Lumajang dan mencapai air terjun ini. Rute kedua adalah melalui Malang dan Tumpang.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung

Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada musim kemarau, yakni pada bulan Mei hingga September. Pada musim tersebut, air terjun akan tampak lebih jernih dan indah. Namun, wisatawan harus memperhatikan cuaca sebelum berkunjung ke sana.

Fasilitas yang Tersedia

Air terjun ini menyediakan fasilitas yang memadai untuk para wisatawan. Ada tempat parkir yang luas, kamar mandi, dan warung makan. Selain itu, wisatawan juga dapat menyewa perahu untuk menikmati keindahan alam di sekitar air terjun.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan

Tumpak Sewu menyediakan berbagai aktivitas menarik untuk para wisatawan. Salah satu aktivitas yang paling diminati adalah berenang di kolam air terjun. Selain itu, wisatawan juga dapat melakukan hiking dan trekking di sekitar air terjun.

Tips Berkunjung

Agar bisa menikmati keindahan air terjun dengan maksimal, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Pertama, kenakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan cuaca. Kedua, bawa perlengkapan yang cukup, seperti air minum dan snack ringan. Ketiga, hindari berkunjung saat musim hujan.

Penginapan di Sekitar Wisata

Terdapat beberapa penginapan yang bisa dijadikan tempat menginap di sekitar air terjun ini. Beberapa penginapan tersebut adalah homestay, villa, dan hotel. Wisatawan dapat memilih penginapan yang sesuai dengan kebutuhan dan budget mereka.

Keamanan di Tumpak Sewu

Tumpak Sewu adalah tempat wisata yang aman bagi para wisatawan. Namun, wisatawan harus tetap berhati-hati dan memperhatikan lingkungan sekitar. Jangan membuang sampah sembarangan dan patuhi aturan yang berlaku di sekitar air terjun.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk cukup terjangkau. Untuk wisatawan domestik, harga tiket masuk adalah Rp 10.000 per orang. Sedangkan untuk wisatawan asing, harga tiket masuk adalah Rp 30.000 per orang.

Keindahan Tumpak Sewu

Selain keindahan air terjun, tempat ini juga memiliki keindahan alam di sekitarnya yang tak kalah menakjubkan. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam dengan melakukan trekking di sekitar air terjun.

Pada siang hari, air terjun ini tampak sangat indah dengan airnya yang jernih dan warna hijau di sekitarnya. Wisatawan dapat menikmati keindahan ini dengan berenang di kolam air terjun atau sekadar duduk-duduk di sekitar area.

Pada malam hari, Tumpak Sewu tampak sangat indah dengan cahaya bulan yang memantul pada air terjun. Wisatawan dapat menikmati keindahan ini dengan membuat api unggun dan berkumpul di sekitar api.

Air terjun ini pernah menjadi lokasi syuting film Indonesia yang terkenal, yaitu Laskar Pelangi. Dalam film tersebut, keindahannya berhasil ditampilkan dengan apik dan membuat banyak orang terpesona.

Tumpak Sewu adalah destinasi wisata yang populer di kalangan fotografer. Keindahan alamnya yang luar biasa dapat diabadikan dalam bentuk foto yang indah. Wisatawan yang ingin mengabadikan momen di air terjun ini dapat membawa kamera dan tripod. Terdapat beberapa tempat makan yang bisa dijadikan pilihan di sekitar lokasi. Beberapa tempat makan tersebut adalah warung makan Pak Edi, warung makan Tumpak Sewu, dan warung makan Mbok Sri.

Tumpak Sewu dalam Mitologi Jawa

Air terjun ini memiliki cerita dalam mitologi Jawa. Menurut cerita, air terjun ini adalah tempat persembunyian Dewi Sri yang sedang dalam keadaan terluka. Keindahan alam di sekitar Tumpak Sewu diyakini sebagai perwujudan kecantikan Dewi Sri.

Kesimpulan

Tumpak Sewu adalah salah satu destinasi wisata alam yang paling indah di Jawa Timur. Keindahan alamnya yang luar biasa dan keunikan yang dimilikinya membuat Tumpak Sewu menjadi tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Tumpak Sewu.

Semoga bermanfaat.