Keindahan Alam Curug Bengkawah

Keindahan Alam Curug Bengkawah

Pengenalan

Curug Bengkawah merupakan salah satu objek wisata alam yang sangat terkenal di Jawa Barat yang terletak di daerah Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan terletak di tengah-tengah hutan pinus yang begitu asri. Curug ini sangat cocok dikunjungi bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam pegunungan dan hutan. Selain itu, curug ini juga memiliki air yang sangat jernih dan segar.

Cara Menuju Curug Bengkawah

Curug Bengkawah dapat dijangkau dengan berbagai macam kendaraan, mulai dari mobil, motor, hingga angkutan umum. Jika Anda ingin menggunakan kendaraan umum, Anda dapat menumpang bus jurusan Cisarua dan turun di terminal Cisarua. Dari terminal, Anda dapat menggunakan ojek atau angkot untuk menuju ke curug.

Jika Anda ingin menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat mengikuti jalur Puncak-Cisarua. Setelah melewati Cimory Riverside, Anda akan menemukan pertigaan Cisarua. Lalu, Anda tinggal mengikuti jalan yang menuju ke arah curug.

Fasilitas yang Tersedia

Di kawasan ini, terdapat beberapa fasilitas yang dapat memudahkan pengunjung saat berkunjung, seperti tempat parkir yang cukup luas, warung makan, toilet, dan area bermain anak. Selain itu, pengunjung juga dapat menyewa tenda untuk berkemah di sekitar curug.

Keindahan Alam yang Memukau

Saat Anda tiba di lokasi, Anda akan disambut dengan pemandangan hutan pinus yang begitu asri. Kegiatan yang paling disukai oleh pengunjung adalah trekking menuju ke curug. Selama perjalanan, Anda akan melewati jembatan kayu yang menghubungkan antara jalur trekking dengan hutan pinus yang hijau. Setelah sampai di curug, Anda akan disambut dengan air terjun yang mengalir dengan jernih dari ketinggian 30 meter. Suara gemericik air yang jernih dan segar akan menenangkan pikiran Anda.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Berkunjung

Saat berkunjung ke Curug ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya:

1. Memakai alas kaki yang nyaman dan anti slip.

2. Memakai pakaian yang nyaman dan mudah bergerak.

3. Membawa air minum dan makanan ringan.

4. Memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar curug.

5. Tidak membuang sampah sembarangan.

6. Tidak merusak tumbuhan atau binatang yang ada di sekitar curug.

Keunikan Curug Bengkawah

Curug ini memiliki keunikan tersendiri di antara curug-curug lainnya. Salah satu keunikannya adalah suasana hutan pinus yang begitu sejuk dan asri. Selain itu, curug ini juga memiliki air yang sangat jernih dan segar, cocok untuk digunakan untuk mandi atau bermain air.

Keindahan Alam Sekitar Curug Bengkawah

Di sekitar Curug terdapat beberapa objek wisata yang juga patut untuk dikunjungi, seperti:

  • Taman Safari Indonesia
  • Kebun Teh Sukawana
  • Kebun Strawberry
  • Taman Wisata Matahari

Biaya dan Jam Operasional

Untuk masuk ke kawasan Curug, pengunjung hanya dikenakan biaya retribusi sebesar Rp. 10.000/orang. Sedangkan untuk parkir kendaraan, pengunjung hanya dikenakan biaya Rp. 5.000. Curug ini buka setiap hari dari pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Kesimpulan

Curug Bengkawah merupakan salah satu objek wisata alam yang sangat terkenal dan populer di Jawa Barat. Selain memiliki keindahan alam yang memukau, curug ini juga memiliki air yang sangat jernih dan segar. Kegiatan yang paling disukai oleh pengunjung adalah trekking menuju ke curug. Selain itu, di sekitar curug juga terdapat beberapa objek wisata yang patut untuk dikunjungi. Sebelum berkunjung, pastikan untuk memperhatikan beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti kebersihan lingkungan dan memakai pakaian yang nyaman.

Semoga bermanfaat.