Sri Gethuk Wisata Kuliner Khas Wonogiri yang Wajib Dicoba

Sri Gethuk: Wisata Kuliner Khas Wonogiri yang Wajib Dicoba

Asal-usul Sri Gethuk

Sri Gethuk adalah makanan khas Wonogiri yang terbuat dari ketela pohon yang diparut, dicampur dengan gula aren, dan kemudian dibentuk bulat. Makanan ini memiliki rasa yang manis dan gurih serta tekstur yang kenyal. Konon, makanan ini berasal dari zaman kerajaan Mataram Kuno. Pada saat itu, Sri Gethuk hanya dihidangkan di istana kerajaan sebagai makanan istimewa untuk para raja dan keluarga kerajaan.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat makanan ini, bahan-bahan yang dibutuhkan sangatlah sederhana (klik disini). Berikut ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

– Ketela pohon yang sudah dicuci bersih dan diparut

– Gula aren secukupnya

– Air secukupnya

Cara Membuat

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuatnya:

1. Campurkan parutan ketela pohon dengan gula aren dan air secukupnya dan aduk rata.

2. Masak adonan tersebut hingga matang dan teksturnya kenyal.

3. Setelah matang, angkat adonan dan biarkan dingin.

4. Ambil sedikit adonan, lalu bentuk bulat sesuai dengan selera.

5. Sri Gethuk siap disajikan.

Menikmati Sri Gethuk di Wonogiri

Jika Anda ingin mencoba yang asli, Anda bisa berkunjung ke kota Wonogiri. Di sana, terdapat banyak warung dan pedagang kaki lima yang menjual makanan ini dengan harga yang terjangkau. Salah satu tempat yang terkenal dengan Sri Gethuk-nya adalah Desa Gethuk, Kecamatan Giritontro, Wonogiri. Di sana, Anda bisa menikmati makanan ini yang disajikan dengan gula merah, kelapa parut, dan air kelapa muda yang segar.

Keunikan Sri Gethuk

Selain rasanya yang enak, makanan ini juga memiliki keunikan tersendiri. Ketika Anda membeli di Wonogiri, biasanya pedagang akan memberikan garam secukupnya untuk dimakan bersama. Ternyata, rasa manis dari makanan ini dan rasa asin dari garam tersebut menciptakan rasa yang unik dan enak di lidah. Selain itu, tekstur kenyal juga membuat makanan ini terasa lebih istimewa.

Sri Gethuk sebagai Oleh-oleh

Jika Anda tidak sempat berkunjung ke Wonogiri, Anda masih bisa membawa pulang makanan ini sebagai oleh-oleh. Sri Gethuk bisa bertahan selama beberapa hari karena memiliki kandungan gula yang tinggi. Anda bisa membelinya di toko oleh-oleh khas Wonogiri yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Harga makanan ini sebagai oleh-oleh pun tidak terlalu mahal dan terjangkau untuk semua kalangan.

Sri Gethuk sebagai Pilihan Makanan Ringan

Selain menjadi oleh-oleh, makanan ini juga bisa dijadikan sebagai pilihan makanan ringan yang sehat. Terbuat dari ketela pohon yang kaya akan serat dan vitamin, sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Anda bisa menjadikannya sebagai alternatif makanan ringan yang sehat dan lezat. Selain itu, makanan ini juga cocok untuk dijadikan sebagai camilan saat sedang berkumpul dengan keluarga atau teman-teman.

Sri Gethuk sebagai Icon Wisata Kuliner Wonogiri

Tidak hanya sebagai oleh-oleh atau makanan ringan, Sri Gethuk juga menjadi icon wisata kuliner Wonogiri. makanan ini menjadi salah satu daya tarik wisata kuliner Wonogiri yang tidak boleh dilewatkan. Banyak wisatawan yang sengaja datang ke Wonogiri untuk mencicipi makanan yang terkenal enak dan kenyal ini. Selain itu, makanan ini juga menjadi salah satu ciri khas budaya Wonogiri yang harus dilestarikan.

Kesimpulan

Sri Gethuk adalah makanan khas Wonogiri yang terbuat dari ketela pohon yang diparut, dicampur dengan gula aren, dan kemudian dibentuk bulat. Makanan ini memiliki rasa yang manis dan gurih serta tekstur yang kenyal. makanan ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu rasa manis yang digabungkan dengan garam, serta juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh atau makanan ringan yang sehat. Selain itu, makanan ini juga menjadi icon wisata kuliner Wonogiri yang harus dilestarikan. Jika Anda ingin mencoba yang asli, Anda bisa berkunjung ke Wonogiri. Namun, jika tidak sempat berkunjung, Anda masih bisa membelinya sebagai oleh-oleh di toko oleh-oleh khas Wonogiri yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mencoba makanan ini dan juga bagi Anda yang ingin mengetahui lebih banyak tentang kuliner khas Wonogiri.