Banyu Anjlok Surga Tersembunyi di Gunung Kidul

Banyu Anjlok: Surga Tersembunyi di Gunung Kidul

Pendahuluan

Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta memang terkenal dengan keindahan wisata alamnya. Salah satunya adalah Banyu Anjlok yang terletak di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu. Banyu Anjlok merupakan air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 15 meter dengan air yang jernih dan segar. Untuk menuju ke lokasi, pengunjung harus melewati perbukitan yang cukup curam. Namun, dengan panorama alam yang indah dan udara yang sejuk, perjalanan menuju Banyu Anjlok akan terasa menyenangkan.Setelah sampai di lokasi, pengunjung akan disuguhkan dengan keindahan air terjun yang airnya mengalir deras dari atas bukit. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam sekitar yang masih asri dan belum banyak dijamah oleh manusia.

Mengapa Banyu Anjlok Harus Dikunjungi?

Air terjun ini memang menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Gunung Kidul. Selain keindahan alamnya yang memukau, wisata ini juga memiliki beberapa alasan mengapa harus dikunjungi, di antaranya:

1. Keindahan Alam yang Masih Asri

Air terjun ini terletak di tengah-tengah perbukitan yang masih alami. Hal ini membuat suasana sekitar masih asri dan belum banyak dijamah oleh manusia. Ketika berkunjung ke sana, pengunjung bisa menikmati keindahan alam yang masih alami dan segar.

2. Menikmati Air Terjun yang Indah

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dengan air yang jernih dan segar. Pengunjung bisa merasakan sensasi mandi di bawah air terjun yang begitu menyegarkan dan menenangkan.

3. Spot Foto yang Instagramable

Selain menikmati keindahan alamnya, wisata ini juga memiliki spot foto yang sangat instagramable. Pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang air terjun yang memukau atau dengan latar belakang pemandangan alam yang indah.

4. Pengalaman yang Tak Terlupakan

Berkunjung ke tempat wisata ini akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Pengunjung akan merasakan sensasi mandi di bawah air terjun yang segar dan menenangkan serta menikmati keindahan alam yang masih asri.

Cara Menuju ke Banyu Anjlok

Air terjun ini terletak di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Untuk menuju ke sana, pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan transportasi umum. Apabila menggunakan kendaraan pribadi, pengunjung bisa mengikuti jalur menuju ke Pantai Krakal dan terus mengikuti jalur tersebut hingga sampai di Desa Pacarejo. Setelah itu, pengunjung harus berjalan kaki sejauh kurang lebih 1 km untuk sampai ke lokasi air terjun. Sedangkan apabila menggunakan transportasi umum, pengunjung bisa menggunakan angkutan umum dari terminal Wonosari ke arah Pantai Krakal dan turun di Desa Pacarejo. Setelah itu, pengunjung harus berjalan kaki sejauh kurang lebih 1 km untuk sampai ke lokasi air terjun.

Tips Berkunjung ke Banyu Anjlok

Sebelum berkunjung, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar perjalanan wisata menjadi lebih lancar, di antaranya:

1. Persiapkan Fisik yang Fit

Seperti yang disebutkan sebelumnya, untuk menuju ke lokasi air terjun, pengunjung harus melewati perbukitan yang cukup curam. Oleh karena itu, persiapkan fisik yang fit sebelum berkunjung agar perjalanan menjadi lebih lancar.

2. Bawa Bekal Makanan dan Minuman

Di sekitar lokasi tidak ada warung atau toko yang menjual makanan atau minuman. Oleh karena itu, bawa bekal makanan dan minuman dari rumah atau membelinya di sekitar lokasi sebelum menuju ke air terjun.

3. Hindari Berkunjung pada Musim Hujan

Pada musim hujan, debit air di air terjun akan semakin deras dan berbahaya. Oleh karena itu, hindari berkunjung pada musim hujan agar perjalanan wisata menjadi lebih aman.

4. Jaga Kebersihan Lingkungan

Sebagai pengunjung yang bertanggung jawab, jangan lupa untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Buang sampah pada tempatnya dan jangan merusak keindahan alam yang masih asri.

Kesimpulan

Banyu Anjlok memang menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Gunung Kidul. Keindahan alamnya yang masih alami, air terjun yang indah, dan spot foto yang instagramable menjadi alasan mengapa Banyu Anjlok harus dikunjungi. Namun, sebagai pengunjung yang bertanggung jawab, jangan lupa untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar agar keindahan alam yang masih asri tetap terjaga.

Semoga bermanfaat.