Air Terjun Wera Keindahan Alam yang Menakjubkan di Bima, NTB

Air Terjun Wera: Keindahan Alam yang Menakjubkan di Bima, NTB

Rute Menuju Air Terjun Wera

Air Terjun Wera terletak di Desa Wera, Kecamatan Wera, Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke tempat ini, bisa mengikuti rute berikut:

1. Dari Kota Bima, perjalanan menuju ke arah selatan sejauh sekitar 60 km.

2. Setelah melewati Desa Nae dan Desa Roro, Anda akan tiba di Desa Wera.

3. Dari pusat desa, Anda masih harus berjalan kaki sekitar 2 km untuk mencapai lokasi air terjun.

4. Selama perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang indah dan asri.

5. Jangan lupa membawa perlengkapan yang cukup, seperti alas kaki yang nyaman, topi, dan air minum.

Aktivitas di Lokasi Wisata

Air terjun ini menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Selain menikmati panorama alam yang asri, ada beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di sini, antara lain:

1. Berenang di kolam air terjun yang jernih dan sejuk.

2. Menikmati pemandangan alam sekitar dengan berjalan-jalan atau trekking.

3. Memancing di aliran sungai sekitar.

4. Mencoba wahana flying fox yang tersedia di lokasi.

5. Berfoto ria dengan latar belakang air terjun sebagai objek utama.

Harga Tiket Masuk Wisata

Untuk menikmati keindahan air terjun ini, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Selain itu, Anda juga bisa membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat.

Keindahan Air Terjun Wera

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan terletak di kawasan hutan yang asri. Di sekitar air terjun, terdapat beberapa kolam alami yang jernih dan sejuk. Keindahan alam yang menakjubkan dan udara yang sejuk membuat tempat ini cocok untuk dijadikan tempat rekreasi dan refreshing. Dari atas air terjun, Anda dapat melihat panorama alam yang indah. Hutan yang rimbun dan perbukitan yang terjal menjadi latar belakang yang menambah kecantikan tempat ini. Selain itu, suara gemericik air yang jatuh dari ketinggian membuat suasana semakin tenang dan menenangkan.

Legenda Air Terjun Wera

Air terjun ini juga memiliki legenda yang menarik. Konon, air terjun ini dulunya merupakan tempat mandi putri raja. Suatu ketika, ada seorang pria yang mencuri pakaian putri raja yang sedang mandi di air terjun. Putri raja merasa malu dan marah, sehingga dia mengutuk pria tersebut menjadi batu yang berada di sekitar air terjun. Sejak saat itu, batu tersebut dikenal sebagai Batu Kursi Tua. Konon, jika seseorang duduk di atas batu tersebut, dia akan merasakan getaran dan suara gemuruh dari dalam batu. Legenda ini membuat wisatawan semakin tertarik untuk berkunjung ke air terjun ini.

Saran untuk Pengunjung

Bagi Anda yang ingin berkunjung, ada beberapa saran yang perlu diperhatikan, antara lain:

1. Jangan lupa membawa perlengkapan yang cukup, seperti alas kaki yang nyaman, topi, dan air minum.

2. Perjalanan dari Desa Wera ke lokasi air terjun harus dilakukan dengan berjalan kaki sekitar 2 km. Oleh karena itu, pastikan Anda dalam kondisi yang sehat dan bugar.

3. Selalu menjaga kebersihan dan kelestarian alam selama berkunjung ke tempat ini. Jangan membuang sampah sembarangan dan jangan merusak alam sekitar.

Kesimpulan

Air Terjun Wera merupakan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Keindahan alam yang menakjubkan, panorama yang indah, dan legenda yang menarik menjadikan tempat ini cocok untuk menjadi tempat refreshing dan rekreasi. Selain itu, harga tiket masuk yang terjangkau juga menjadi nilai tambah bagi para wisatawan. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan kelestarian alam selama berkunjung.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *