cara investasi emas bagi pemula
Source Image : pixabay.com

Mudah dan Aman! 5 Cara Investasi Emas bagi Pemula

Artikel ini akan membahas tentang cara investasi emas bagi pemula, simak selengkapnya disini. Penghasilan tetap pastinya kurang untuk membuat masa depan terjamin, oleh sebab itu ada satu hal lagi yang bisa dilakukan agar masa depan menjadi lebih terjamin, yakni investasi.

Investasi adalah hal yang saat ini banyak digunakan oleh beberapa orang, dan jenis investasi pun beragam. Dan salah satunya adalah investasi emas, jenis investasi ini sangat mudah untuk dilakukan dan cocok untuk pemula.

Mungkin beberapa orang bertanya, mengapa investasi ini menjadi rekomendasi jenis investasi bagi pemula? Karena, jenis investasi ini mudah untuk dipahami, dan jenis investasi ini juga cocok bagi tambahan portofolio investasi.

Selain itu, harga dari emas kerap naik dan jarang mengalami penurunan harga yang drastis, oleh sebab itu tidak heran jika jenis investasi ini menjadi rekomendasi jenis investasi bagi pemula. Dan berikut ini adalah cara investasi jenis emas bagi pemula, simak berikut ulasannya.

Cara Investasi Emas bagi Pemula

Tentukan Tujuan Investasi

Sebelum berinvestasi emas, alangkah lebih baik jika menentukan tujuan dan target dari melakukan hal itu terlebih dahulu, hal ini sangat penting, jadi putuskanlah dengan benar. Hal inilah yang membuat berinvestasi emas menjadi lebih aman, tentunya tujuannya banyak, contohnya untuk tabungan pernikahan atau investasi hari tua.

Baca Juga  5 Langkah Strategis untuk Meningkatkan Skala Bisnis

Atau jika Anda mendapatkan penghasilan tetap, Anda bisa menargetkan 10 tahun kedepan jika ingin berhenti bekerja dan memulai bisnis sendiri. Gaji dari pekerjaan tetap bisa disisihkan untuk modal investasikan di emas, oleh sebab itu, jika tujuannya sudah jelas Anda akan lebih tahu berapa besaran emas yang diinvestasikan setiap bulan.

Sering-seringlah Memantau Harga Emas

Cara untuk berinvestasi emas selanjutnya adalah sering memantau perkembangan dari harga emas, dan hal ini pun tidak akan sulit untuk dilakukan saat ini. Karena banyak situs-situs perkembangan atau berita tentang harga emas setiap harinya.

Selain beberapa situs di internet, ada juga beberapa aplikasi yang menampilkan informasi perkembangan emas, lalu apa tujuan memantau harga emas? Meskipun emas dikenal dengan alat investasi yang stabil, namun adakalanya mengalami penurunan harga.

Meskipun begitu, hal ini jarang terjadi, dan saat hal itu terjadi tidak ada salahnya Anda membelinya dan menunggu harganya naik. Namun, ada hal yang perlu diketahui untuk memilih investasi di emas alangkah lebih baik jika dilakukan untuk investasi jangka panjang dalam kurun 5-10 tahun.

Baca Juga  5 Aplikasi Investasi Terpercaya yang Sudah Terdaftar OJK

Membeli Emas di Tempat Terpercaya

Cara berinvestasi emas selanjutnya adalah mengetahui toko atau tempat pembelian emas yang terpercaya. Tentunya terdapat tempat yang menjual emas batangan, hanya saja alangkah lebih baik jika membelinya di tempat yang menjual secara resmi agar aman.

Yang dimaksud menjual secara resmi yakni saat pembelian lengkap dengan surat-surat dan sertifikat, karena ada saja penjual emas namun tidak menyertakan hal tersebut. Oleh sebab itu, belilah emas batangan dari beberapa e-commerce yang menjual emas dari toko terpercaya dan resmi.

Menyediakan Penyimpanan Emas yang Aman

Salah satu tips dalam berinvetasi emas adalah menyediakan tempat penyimpanan emas yang aman. Dan hal yang paling mudah untuk masalah penyimpanan ialah di rumah dan diletakkan di sebuah brankas.

Jika keamanan dari brankas masih kurang, Anda bisa menyimpan emas di Safe Deposit Box yang ditawarkan oleh bank. Tentunya jika Anda memilih pilihan ini akan mendapatkan biaya tambahan, dan harganya pun tergantung dengan bank masing-masing.

Baca Juga  7 Keuntungan Investasi Reksadana, apa saja?

Selain bisa digunakan untuk penyimpanan emas, Safe Deposit Box bisa Anda gunakan sebagai tempat penyimpanan barang-barang penting lainnya. Contoh Anda bisa menyimpan surat-surat tanah atau rumah pada penyimpanan tersebut, bahkan barang-barang lainnya bisa Anda disimpan.

Fokus dengan Masa Depan

Meskipun berinvestasi emas adalah hal yang menguntungkan, tapi Anda harus paham bahwa investasi adalah sebuah tabungan masa depan. Jadi jika Anda melakukan investasi, Anda harus sabar dengan hasilnya, contohnya berinvestasi emas sangat cocok untuk investasi jangka panjang.

Dan hasil dari jenis investasi ini akan terasa jika sudah selang 5-10 tahun, ingatlah bahwa berinvestasi berbeda dengan jual-beli. Memang kedua hal ini memiliki tujuan yang sama namun ada perbedaan diantara keduanya.

 

Penutup

Itulah beberapa cara yang harus diketahui saat ingin berinvestasi emas, selama Anda melakukan cara-cara diatas tentuya investasi yang Anda lakukan akan aman. Dan terimakasih sudah membaca artikel ini, saya harap artikel ini bermanfaat bagi Anda dan menjadi solusi bagi masalah-masalah Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.