cara mengatasi whatsapp lemot
Source Image : unsplash.com

5 Cara Mengatasi Whatsapp Lemot saat Digunakan

Artikel ini akan membahas tentang cara mengatasi Whatsapp lemot saat digunakan, simak selengkapnya disini. Whatsapp adalah sebuah aplikasi chat yang saat ini banyak digunakan oleh orang, namun setiap aplikasi pastinya memiliki kendalana, dan salah satu kendala yang dijumpai oleh beberapa pengguna adalah whatsapp lemot.

Jika Whatsapp lemot, tentunya itu menjadi masalah, membuat pengguna akan merasa kesal, dan beberapa aktivitas pun terhenti karena masalah ini. Tetapi, tidak semua orang atau pengguna Whatsapp tau bagaimana cara mengatasi masalah ini.

Terjadinya Whatsapp lemot tentunya dikarenakan beberapa faktor, dan salah satu faktor yang kerap dijumpai adalah performa ponsel atau aplikasi yang belum diperbarui. Oleh sebab itu, jika aplikasi sudah ada notifikasi untuk memperbaruinya, segeralah untuk memperbaruinya.

Jadi untuk menghindari masalah ini datang, pengguna harus melakukan beberapa hal yang harus dilakukan. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi Whatsapp yang sedang lemot, simak selengkapnya disini.

Cara Mengatasi Whatsapp Lemot

Menghapus Chat

Beberapa pengguna mungkin tidak akan tahu dan tidak akan menyangkan bahwa salah satu faktor yang menyebabkan Whatsapp menjadi lemot adalah chat. Mereka berpikir, pesan-pesan yang menumpuk itu tidak akan berdampak pada performa Whatsapp.

Baca Juga  Cara Mudah Unduh Aplikasi Catat Meter Terpusat

Padahal anggapan itu salah dan malah sebaliknya, ia menjadi salah satu faktor penyebab lemotnya Whatsapp. Oleh sebab itu, rajin-rajinlah menghapus chat yang sudah menumpuk atau tidak penting bagi pengguna untuk mencegah terjadinya masalah ini.

Menghapus Cache Whatsapp

Menghapus cache Whatsapp adalah salah satu solusi jika sebuah aplikasi tiba-tiba menjadi lemot, dan solusi ini juga berlaku dengan Whatsapp. Jangan pernah membiarkan cache pada Whatsapp menumpuk, karena jika dibiarkan ruang penyimpanan sementara pasti akan full.

Jadi, bukan hanya pesan saja yang bisa menyebabkan lemotnya Whatsapp, cache pun begitu. Dan harusnya, seorang pengguna harus membersihkan cache di ponsel setiap dua hari sekali dalam seminggu.

Mengatur RAM Ponsel

Solusi selanjutnya untuk masalah lemotnya Whatsapp adalah mengatur RAM ponsel pengguna. Mengapa bisa begitu? Ada kemungkinan ponsel sedang menjalankan banyak aplikasi, pada akhirnya performa ponsel pun menurun.

Baca Juga  Apa Arti WhatsApp From Meta

Mulai Ulang atau Restart Ponsel

Cara atau solusi selanjutnya untuk mengatasi Whatsapp menjadi lemot adalah merestart Whatsapp. Setiap ponsel adakalanya diharuskan untuk di restart dan hal ini dilakukan untuk penyegaran.

Jika ponsel sudah di restart, biasanya performa dan aplikasi yang akan dibuka nantinya akan cepat dan tidak lemot lagi. Karena, ponsel yang sudah di restart akan melakukan penyalaan ponsel dengan kondisi awal.

SIM Card yang Bermasalah

Saat ini banyak ponsel yang menggunakan dual SIM Card, dan adakalanya pengguna pun beberapa kali mengganti kartunya saat menggunakan Whatsapp. sangat disarankan berhentilah dan jangan pernah melakukan hal tersebut, alangkah lebih baik pilihlah salah satu SIM Card sebagai nomor Whatsapp.

Umur Ponsel

Sebuah aplikasi tentunya mempunyai spesifikasi atau anjuran aplikasi yang harus diinstall di ponsel dengan OS berapa. Jika aplikasi tidak di install sesuai dengan ketentuannya, ada kemungkinan aplikasi tersebut akan lemot saat digunakan.

Sama halnya dengan masalah lemotnya Whatsapp yang digunakan, karena ada kemungkinan umur ponsel yang digunakan pun sudah tidak cocok dengan Whatsapp. Dan solusi dari masalah ini tentunya harus membeli ponsel yang baru agar bisa aplikasi tidak lemot atau lelet.

Baca Juga  6 Aplikasi Scan Foto dan Dokumen di Android, Gratis!

Mengupdate Whatsapp ke Versi yang Baru

Solusi terakhir dari mengatasi Whatsapp yang lemot adalah mengupdate Whatsapp ke versi yang baru. Adakalanya pengguna lupa atau tidak menyadari bahwa Whatsapp harus segera diperbarui.

Oleh sebab itu, solusi yang aman untuk hal itu adalah auto update aplikasi yang harus diperbarui. Meskipun begitu, tidak semua ponsel memiliki fitur tersebut, solusinya buka Play Store atau App Store dan cari Whatsapp apakah mengharuskannya update atau tidak.

Dan jika sudah mencari dan akhirnya muncul, bahwa aplikasi Whatsapp harus di update. Segeralah update Whatsapp ke versi yang baru agar nyaman saat digunakan dan tidak lemot lagi.

 

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi Whatsapp yang lemot, mudah bukan? Terimakasih sudah membaca artikel ini, saya harap artikle ini menjadi solusi bagi Anda dari masalah yang hadapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.