jenis investasi untuk pemula
Source Image : pixabay.com

Menjanjikan! Kenali 5 Jenis Investasi untuk Pemula

Jika anda adalah seorang pemula dalam berinvestasi, maka alangkah lebih baik jika mengenal jenis investasi untuk pemula terlebih dahulu. Karena, tidak semua jenis investasi bisa digunakan atau dipilih oleh para pemula.

Memang jika berbicara tentang jenis investasi untuk pemula tidak ada bedanya dengan yang sudah profesional. Namun, biasanya bagi para pemula akan memilih investasi dengan risiko yang lebih rendah, karena mereka masih baru memulainya.

Meskipun begitu, ada juga beberapa pemula yang ingin mencoba investasi dengan risiko yang lebih tinggi. Bukan berarti tidak boleh, namun jika seorang pemula berani dengan risiko yang lebih tinggi pun tidak masalah.

Namun, ada hal yang perlu diingat jika sudah memilih jenis yang memiliki risiko lebih tinggi, kunci dari keberhasilan dalam investasi adalah jangan pernah menganggap hal yang sepele dan kecil. Karena, hal kecil itu bisa berdampak besar, hingga membuat kerugian.

Oleh sebab itu, jangan pernah meremehkan hal kecil apapun dalam berinvestasi dan gunakan aplikasi investasi yang terpercaya. Berikut ini adalah jenis investasi yang cocok bagi pemula, simak berikut ulasannya.

Baca Juga  Mudah dan Aman! 5 Cara Investasi Emas bagi Pemula

Jenis Investasi bagi Pemula

Investasi Reksadana

Reksadana adalah investasi yang cocok untuk seorang pemula, apalagi jenis investasi ini juga cocok jika anda memiliki waktu dan dana yang terbatas. Seperti yang dikatakan, nilai minimal dana untuk ikut serta dalam investasi ini dimulai dari Rp100.000.

Selain itu, dalam investasi reksadana banyak jenis investasi yang bisa diikuti, seperti mulai dari pasar uang, pendapatan tetap, reksadana saham, obligasi hingga reksadana campuran. Meskipun terdapat banyak jenis reksadana, perbedaannya terletak pada jenis produknya.

Investasi Saham

Investasi saham adalah sebuah investasi yang saat ini lagi trending di kalangan anak muda. Karena investasi ini mempunyai risiko keuntungan yang lebih besar daripada investasi lainnya.

Bahkan karena risiko keuntungan lebih besar, ada beberapa orang menjadi orang kaya dikarenakan ikut serta dalam investasi saham. Meskipun begitu, investasi saham adalah jenis investasi yang memiliki risiko lebih tinggi, inilah kekurangan dari investasi ini.

Oleh sebab itu, sebelum turut serta dalam investasi saham, alangkah lebih baik riset dan pelajari terlebih dahulu seperti apa pasar saham. Dan beberapa saham yang cocok bagi pemula adalah saham-saham yang terbukti mempunyai fundamental yang bagus.

Baca Juga  3 Situs Trading Terbaik Untuk Investasi Masa Depan, Yuk Daftar !

Investasi Emas

Investasi emas adalah investasi yang kerap menjadi pilihan bagi investor pemula. Karena harga dari emas cenderung naik, dan untuk cara berinvestasinya pun sangat mudah untuk dilakukan.

Kelebihan lain dari investasi ini adalah memiliki likuiditas yang tinggi, jadi bisa dicari dengan cepat, kapan saja jika sedang membutuhkan dana. Jika, anda mencari investasi yang memiliki keuntungan maksimal, sebaiknya memilih investasi emas untuk investasi jangka panjang.

Selain itu, untuk memulainya pun tidak perlu mengeluarkan uang yang sangat banyak. Karena investasi ini sudah menyediakan program cicil emas, seperti pegadaian atau lembaga keuangan lainnya.

Investasi Properti

Investasi properti memiliki kelebihan, dimana keuntungan yang akan didapatkan oleh para investor akan besar dalam jangka panjang. Hanya saja, jika ingin ikut serta dalam investasi ini memerlukan dana yang besar.

Selain bisa mendapatkan passtive income dengan investasi properti ini, investor juga bisa menjadikannya sebuah investasi yang dapat dijual untuk beberapa tahun kedepannya.

Baca Juga  5 Tips dan Cara Memulai Bisnis Online Shop

Investasi P2P Lending

P2P atau Peer to Peer adalah sebuah platfrom jasa keungan yang mempertemukan orang yang membutuhkan dana dengan investor. P2P ini memberikan bunga yang lumayan tinggi, hanya saja setiap platform mempunyai bunga yang berbeda-beda.

Dan investasi P2P lending adalah investasi yang memiliki risiko tinggi, karena investasi ini tidak memiliki jaminanan. Oleh sebab itu, agar lebih aman pilihlah investasi P2P lending yang sudah terdaftar dan diawaasi oleh OJK.

Meskipun begitu, investasi P2P lending adalah jenis yang menguntungkan bagi para pemula investor. Ini dikarenakan, jika ingin ikut serta dalam investasi ini hanya dibutuhkan minimum Rp100.000.

 

Penutup

Jika sudah memilih salah satu investasi yang memungkin untuk membawa keuntungan, jadi segeralah ikut serta dalam salah satu investasi yang ada diatas. Dan dari situ cobalah untuk memilih dua investasi yang menurut anda menguntungkan cocok untuk pemula, secara perlahan kumpulkan modal untuk memulai bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.