SSD terbaik untuk laptop
Source Image - unsplash.com

Jangan Salah! Ini 5 Tips Memilih SSD Terbaik untuk Laptop

Artikel ini akan menyajikan bagaimana cara yang tepat dalam memilih SSD terbaik untuk laptop. Karena seperti yang diketahui, dalam memilih suatu tidak boleh memilihnya sembarangan, jika tidak akan berdampak pada yang akan memakainya.

Oleh sebab itu, jangan pernah memilih SSD sembarangan, pilihlah SSD terbaik untuk laptop agar kinerja laptop lancar tidak mengganggu aktivitas pengguna. Namun, kasus ini memang kerap terjadi dan mereka berpikir, jika memilih SSD yang mahal pasti kinerja laptop akan menjadi lebih kencang dan cepat.

Padahal anggapan itu salah, jika ingin memilih SSD terbaik, bukanlah harga yang dilirik, melainkan apakah SSD tersebut support untuk laptop yang digunakan? Apakah performa dari SSD tersebut bagus? Itulah yang selalu dipikirkan sebelum membeli.

Itu adalah hal wajar, karena beberapa orang memang tidak tahu bagaimana cara yang tepat dalam memilih SSD terbaik untuk laptop. Oleh karena itu, berikut ini adalah tips memilih SSD yang tepat dan terbaik untuk laptop, simak berikut ulasannya.

Tips memilih SSD Terbaik

Perhatikan jenis SSD yang akan digunakan

Ini adalah hal yang paling penting sebelum membeli SSD, jika orang awam atau tidak paham mengenai ini tentunya tidak akan peduli dengan jenis SSD apa yang akan dibeli. Mereka akan menganggap semua jenis SSD sama dan bisa digunakan oleh berbagai laptop atau PC.

Baca Juga  Rekomendasi 4 HP Vivo Terbaik 2022 Beserta Spesifikasinya

Padahal anggapan itu salah, dalam memilih jenis SSD jangan sampai salah, karena tidak semua SSD memiliki port yang cocok untuk laptop atau PC. Mungkin jika beli di toko, penjaga toko akan menanyakan beberapa hal, namun bagaimana jika membelinya di marketplace, pastinya pembelilah yang akan memilih.

Contohnya, SSD tipe NVMe menggunakan slot M.2, sedangkan pengguna tidak tahu apakah laptop atau PC yang akan digunakan itu support atau tidak. Tanpa pikir panjang membelinya karena barang terlihat sangat bagus, alangkah lebih baik pahami terlebih dahulu jenis SSD dan tipe memorinya.

HDD Caddy

Apa itu HDD Caddy? HDD Caddy adalah sebuah tempat untuk menyimpan SSD dan HDD di slot DVD-ROM pada laptop. Selain itu, HDD Caddy ini juga bisa dipakai untuk tempat penyimpan double harddisk, jadi ada dua HDD dalam satu laptop.

Baca Juga  5 Tips Pilih Power Bank yang Tepat dan Terbukti Awet!

Dan ukuran dari HDD Caddy berbeda-beda, sebenarnya ada dua ukuran, yakni 9.5 mm dan 12.7 mm. Jika memilih HDD Caddy, disarankan untuk menyesuaikan ukuran dari laptop yang digunakan.

Jika sudah membeli SSD, tentunya SSD bisa dipasang langsung di DVD-ROM menggunakan HDD Caddy. Namun, ada baiknya jika SSD diletakkan di tempat SSD, sedangkan HDD diletakkan di slot DVD-ROM menggunakan HDD Caddy.

Dengan begitu, DVD-ROM pastinya tidak akan digunakan lagi. Namun, jika bersikeras ingin menggunakan DVD-ROM, lebih baik membeli DVD-ROM eksternal atau membeli Converter SATA to USD sebagai solusi.

Pilih yang Sesuai dengan Write Speed

Jika ingin memilih SSD yang memiliki kemampuan membaca dan menulis data dengan cepat pilihlah SSD yang memiliki kapasitas lebih dari 128 GB. Namun, sebisa mungkin untuk memilih SSD yang mempunyai kecepatan dalam membaca dan menulis lebih untuk untuk kenyamanan penggunaan komputer.

Pada umumnya, jika ingin membeli atau memilih SSD dengan spesifikasi yang lebih tinggi, harga pun menjadi lebih tinggi. Jadi, jika sering kali mengolah file dengan ukura yang besar, misal edit film dengan resolusi tinggi, lebih baik mengutamakan SSD yang mempunyai kemampuan membaca dan menulis yang cepat.

Baca Juga  Spesifikasi Redmi 10 5G yang akan Rilis di Indonesia

Fitur Trim

Hal terakhir yang diperhatikan sebelum membeli SSD adalah fitur Trim, ini sangat wajib untuk diperhatikan, dan jangan sampai membeli SSD namun tidak support dengan fitur trim. Trim adalah perintah yang langsung ditujukan pada firmware, yakni inti software dari setiap perangkat elektronik.

Jika terdapat data yang terhapus di HDD, pastinya file tersebut masih bisa dikembalikan, dan Jika ada file yang sama diletakkan di penyimpanan yang sama, file lama akan ditimpa di HDD. Namun, SDD tidak bisa melakukan hal tersebut, karena hal tersebut akan membuat kinerja SSD melambat.

Jadi, file lama yang tertimpa oleh file baru di SSD akan dihapus, lebih tepatnya fitur trimlah yang membuat file-file lama itu terhapus dan tergantikan oleh file baru, agar kinerja SSD tidak melambat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.