download google drive
Source Image : pexels.com

5 Tips Mengatasi Tidak Bisa Download Google Drive

Artikel ini akan membahas tentang cara mengatasi tidak bisa download Google Drive secara tepat. Sebelum ke topik cara mengatasi tidak bisa download Google Drive, alangkah lebih baiknya baca artikel ini sampai selesai, karena artikel ini akan membantu mengatasi masalah tersebut.

Seperti yang diketahui, saat ini banyak orang yang mengunduh file menggunakan Google Drive, karena waktu pengunduhannya sangat cepat. Akses Google Drive sendiri diberikan saat user mendaftar atau membuat Gmail, dan dari situlah user mendapatkan penyimpanan gratis melalui Google.

Google Drive memang banyak yang menggunakan dan file yang di download akan cepat selesai. Namun, saat proses download Google Drive kerap terjadi suatu masalah yang membuat user merasa kesal dan aktivitas download-nya terganggu.

Masalah yang kerap terjadi itu adalah tidak bisa download Google Drive, bayangkan saja jika file yang ingin di download adalah file yang penting dan harus segera dilihat. Lalu apa yang harus dilakukan? Inilah yang harus dilakukan untuk mengatasi tidak bisa download Google Drive, simak berikut ulasannya.

Baca Juga  Recommended! 5 Laptop Bisnis Terbaik 2022 di Indonesia

Tips Mengatasi Tidak Bisa Download Google Drive

Login Akun Google Terlebih Dahulu

Saat mendapatkan link download, jangan dibiasakan untuk langsung klik link tersebut. Lebih baik cek terlebih dahulu, apakah sudah login akun google apa belum, jika sudah klik link untuk mengunduh file.

Mengapa harus memastikan sudah login akun atau belum? Karena saat klik tombol download,  pasti akan mendapatkan peringatan tidak bisa di download, hal itu dikarenakan user masih belum login akun.

Meminta Akses ke Pengirim Link

Saat user lain mengirim atau memberikan link download, pasti akan memberikan akses khusus, karena hal itulah tidak sembarangan orang bisa mengaksesnya. Dan jika memaksanya, pasti akan mendapatkan notifikasi file tidak bisa diakses.

Untuk solusi dari masalah ini, segeralah minta akses pada pengirim link menggunakan tombol yang sudah disediakan. Dan nantinya, pengirim atau memberikan link akan mendapatkan notifikasi melalui email bahwa link tidak dapat di akses oleh yang dikirim.

Pastikan Koneksi Internet Sudah Stabil dan Cepat

Masalah tidak bisa download juga bisa sebabkan oleh koneksi internet, jadi sebelum mengunduh file, pastikan terlebih dahulu koneksi internet sudah stabil atau tidak. Atau jika ingin koneksi yang stabil, gunakan jaringan WiFi sehingga proses download cepat selesai.

Baca Juga  5 Rekomendasi Keyboard Gaming Murah dan Berkualitas

Jika ingin lebih cepat, batasi pengguna WiFi untuk sementara, agar aktivitas download tidak terganggu. Jika proses download sudah selesai, kembalikan batasan pengguna WiFi, agar pengguna lain juga tidak merasa terganggu.

Hapus Beberapa File

Perlu diketahui, Google Drive memiliki kapasitas 15 GB untuk menyimpan file, ada kemungkinan saat ingin mengunduh file kapasitasnya penuh atau melebihi dari sisa ruang penyimpanan. Apalagi, file yang akan diunduh adalah file yang memiliki ukuran yang besar, pastinya Google Drive tidak dapat mengizinkan aktivitas tersebut.

Oleh sebab itu, pastikanlah sisa ruang dari penyimpanan, jika penyimpanannya penuh, maka hapuslah beberapa file yang sudah tidak digunakan dari penyimpanan Google Drive. Dan untuk cara menghapus di Google Drive mudah, sama halnya dengan menghapus berkas di file manager laptop, yakni klik kanan mouse, kemudian hapus file.

Baca Juga  Setor Tunai di ATM Bank Mandiri, Begini Caranya

Mengganti Browser

Cara terakhir untuk mengatasinya tidak bisa download di Google Drive adalah mengganti browser yang digunakan. Adakalanya sistem tidak merespon perintah dengan baik karena suatu alasan, dan solusi dari masalah ini adalah mengganti browser.

Jika hendak mengunduh file di Google Drive, gunakanlah browser Google Chrome, karena produk ini dibuat dari perusahaan yang sama dan seharusnya Google Drive juga sudah memadai salah satu browser ini.

Karena Google Drive, kinerjanya akan optimal jika menggunakan Google Chrome, karena dari perusahaan yang sama. Akan tetapi, mungkin Google Chrome sedang bermasalah, oleh sebab itu gunakan saja browser lain, Opera, Microsoft Edge, atau yang lainnya selama bisa mengunduh file.

 

Penutup

Jadi, banyak hal yang bisa membuat aktivitas download di Google Drive terhambat, misalnya dikarenakan browser yang digunakan, koneksi internet yang tidak stabil, akses, dan masih banyak lagi. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.