Aplikasi scan foto dan dokumen di Android
Source Image : freepik.com

6 Aplikasi Scan Foto dan Dokumen di Android, Gratis!

Aplikasi scanner foto dan dokumen di Android adalah sebuah aplikasi yang memang penting untuk diunduh. Karena pastinya aplikasi ini akan kerap digunakan, contohnya jika ingin scan dokumen CV atau yang lainnya.

Aplikasi scan foto dan dokumen ini tidak hanya digunakan oleh orang-orang yang ingin melamar kerja saja. Aplikasi scan foto dan dokumen ini jelas bisa digunakan oleh semua kalangan, yakni orang bekerja, anak SMA, atau mahasiswa.

Kehadiran aplikasi scan foto dan dokumen ini memang tidak bisa dipungkiri sangat membantu, mudah digunakan, dan gratis. Kalo dulu, untuk scan foto dan dokumen saja harus menggunakan alat scan foto dan membayarnya.

Karena teknologi menjadi lebih maju dan menjadi lebih canggih, smartphone pun bisa digunakan untuk scan, dengan tambahan aplikasi. Aplikasi scan tentunya banyak, dan berikut ini adalah aplikasi scan foto dan dokumen di Android yang sudah dirangkum, simak berikut ulasannya.

Deretan aplikasi scan foto dan dokumen di Android

Adobe Scan

Adobe scan adalah aplikasi scan yang sangat populer, dan aplikasi ini pun sudah di download oleh pengguna sebanyak 1.6 juta download.  Pada aplikasi ini, memungkin pengguna untuk memindai semua data-data penting, contohnya kuitansi.

Baca Juga  7 Aplikasi Pulsa Jadi Uang

Dari kelebihan itu, tentunya setiap aplikasi mempunyai kekurangan, dan kekurangan dari aplikasi adobe scan memiliki ukuran yang cukup berat. Selain itu, jika pengguna tidak terlalu akrab dengan adobe, pastinya akan bingung.

Genius Scan

Aplikasi scan kedua adalah genius scan, aplikasi ini cukup bisa diandalkan. Aplikasi ini mudah digunakan, jika ingin memindai dokumen, letakkan saja dokumen di depan kamera HP, dan aplikasi akan otomatis memindainya.

Selain itu, genius scan juga memiliki fitur lain, untuk pemindaian dokumen, seperti fitur OCR, PDF maker, dokumen organization, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini tentunya tersedia secara gratis di Play Store, dan memiliki ukuran yang tidak begitu besar, yakni 50 MB.

PhotoScan by Google Foto

Photoscan bisa digunakan untuk memindai foto, selain itu juga bisa digunakan untuk memindai dokumen. Aplikasi ini memiliki keunggulan dalam menghasilkan gambar dengan sempurna dan tidak silau.

Baca Juga  Cara Mematikan Windows Defender di Windows 10

Selain itu, aplikasi ini juga mempunyai fitur pemotongan otomatis yang mendeteksi tepi, pindaian pesrsegi panjang lurus dengan koreksi perspektif, dan rotasi pintar. Karena hal itu, hasil dari foto pengguna akan tetap menghadap ke atas.

CamScanner

CamScanner adalah sebuah aplikasi pemindai gambar atau file yang memiliki ukuran 71 MB, dan aplikasi ini sudah di download oleh pengguna lebih dari 100 juta download. Selain itu, aplikasi ini memang cukup bagus dan tidak menghasilkan foto blur, malah hasilnya sangat tajam.

Tiny Scanner – PDF Scanner App

Tiny Scanner adalah aplikasi pemindai kecil yang dapat memindai apapun menjadi gambar atau PDF. Aplikasi ini memiliki ukuran yang ringan, yakni 28 MB dengan pengguna lebih dari 10 juta download.

Tentunya dengan aplikasi pemindai ini, memungkinkan pengguna untuk memindai dokumen, foto, tanda terima, laporan, dan masih banyak lagi. Selain aplikasinya sangat cepat, cara menggunakan tiny scanner pun relatif mudah, hanya potret saja gambar atau dokumen yang ingin dipindai, dan selesai.

Easy Scanner

Easy Scanner memiliki cara kerja yang mirip dengan Genius Scan, hanya saja aplikasi ini memiliki fitur yang lebih lengkap daripada Genius Scan. Contohnya aplikasi ini memiliki fitur batch scan, advanced image processing, cloud storage, dan masih banyak lagi.

Baca Juga  Rekomendasi Aplikasi Kasir Android Terbaik

Easy Scanner sendiri adalah aplikasi yang ringan, dengan ukuran 23 MB, dan aplikasi ini mempunyai lebih dari 1 juta download. Tentunya, aplikasi ini dihadirkan sebagai aplikasi yang gratis dan tersedia di Play Store untuk Android dan App Store untuk iPhone.

Penutup

Itulah beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk memindai foto dan dokumen pada HP Android. Dan dari berbagai macam aplikasi pemindai, Adobe Scan lah aplikasi yang paling populer dan banyak digunakan.

Hanya saja memiliki kekurangan yang membuay pengguna bingung. Dan aplikasi-aplikasi scan diatas rata-rata memiliki ukuran yang relatif ringan, gratis, dan mudah untuk digunakan.

Dari sekian banyaknya aplikasi scan diatas, pilihlah aplikasi yang mudah untuk digunakan dan tidak berat saat digunakan dan di download di HP, agar ukurannya tidak membuat HP menjadi lemot.

Leave a Reply

Your email address will not be published.