jenis-jenis asuransi di indonesia
Source Image : freepik.com

Kenali 6 Jenis Asuransi di Indonesia yang Harus diketahui

Artikel ini akan menyajikan enam jenis asuransi di Indonesia beserta penjelasannya. Untuk apa menyertakan penjelasan dari setiap asuransi? Agar bisa memilih asuransi mana yang berguna dan sesuai dengan kebutuhan.

Di Indonesia sendiri, tentunya banyak jenis asuransi, hanya saja tidak banyak orang yang mengetahui jenis-jenis apa saja yang ada. Namun, sebelum lanjut ke macam-macam asuransi, kenali terlebih dahulu apa itu asuransi.

Asuransi adalah suatu bentuk perjanjian yang dilakukan oleh perusahaan asuransi dengan pemegang polis, menjadi dasar bagi premi oleh perusahaan asuransi.

Dan dari premi itulah, pemegang poli yang menanggung dan mendapatkan penggantian berupa kerugian, kerusakan, biaya timbul, kehilangan keuntungan, atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga, yakni pemegang polis atas terjadinya hal yang tidak pasti.

Lalu, jika membahas berbagai jenis asuransi, orang harus mengelompokkan fokus dan risiko, supaya dapat menentukan ukuran keseragaman dalam risiko yang ditanggung sesuai jenis kebijakan. Berikut ini adalah enam jenis asuransi yang ada di Indonesia, simak berikut ulasannya.

Jenis-jenis asuransi

Asuransi jiwa

Jenis asuransi jiwa akan memberikan keuntungan finansial ketika terjadi kematian, sakit, atau menderita cacat meskipun sebagian dikarenakan akibat kecelakaan dan penyakit. Sebelum memilih jenis asuransi ini, alangkah lebih baik pahami terlebih dahulu sistem dan metode yang ditawarkan.

Baca Juga  Jangan Asal Pilih Ya, Begini Cara Memilih Asuransi Kesehatan

Mengapa harus memahabi bagaimana sistem dan metode yang ditawarkan? Karena, terdapat asuransi yang melakukan pembayaran setelah kematian, dan ada yang melakukannya pembayaran sebelum kematian.

Asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan adalah asuransi yang paling populer, karena asuransi ini akan menangani masalah kesehatan serta menanggung seluruh biaya perawatan hingga penderita sembuh dari penyakit.

Dan biasanya, orang-orang yang memilih dan menggunakan jenis asuransi ini adalah orang yang cacat, sakit, hingga terjadi kematian. Dalam memilih jenis polis, diperbolehkan untuk memilih sesuai dengan kemampuan finansial.

Dan contoh dari pemilihan jenis polis sesuai kemampun finansial, yakni jika ingin membeli produk asuransi kesehatan, diperbolehkan memilih produk asuransi kesehatan rawat inap saja atau rawat jalan.

Asuransi kendaraan

Sama halnya dengan namanya, jenis asuransi ini tentunya menangani masalah yang terjadi di lalu lintas yang berakibat cedera pada orang lain dan kerusakan kendaraan orang lain. Dan manfaat dari asuransi ini adalah agar terlindungi dan tidak cemas akan finansial, jika terjadi kerusakan kendaraan.

Baca Juga  Tidak Perlu Bingung, Inilah Daftar Asuransi dengan Premi Murah

Asuransi kecelakaan

Pada umumnya banyak orang yang tidak peduli akan asuransi kecelakaan, karena menanggap tempat kerja pasti memberikan perlindungan atas kecelakaan saat bekerja. Namun, coba teliti kembali apa aktivitas dari pekerjaan yang dilakukan.

Jika pekerjaan tersebut memiliki risiko rawan akan kecelakaan, alangkah lebih baik jika membeli produk asuransi kecelakaan. Karena hal itu bisa saja terjadi secara tiba-tiba, tidak mengenal tempat, dan waktu.

Asuransi pendidikan

Asuransi pendidikan adalah sebuah asuransi yang akan menjamin pendidikan anak. Dan jumlah dari premi asuransi ini pun berbeda-beda, tergantung dengan tingkat pendidikan yang ingin dicapai oleh sang anak.

Dan dalam asuransi ini mempunyai dua asuransi yang ditawarkan, yakni asuransi dwiguna dan asuransi unit link. Asuransi dwiguna adalah sebuah gabungan dari asuransi jiwa dengan instrumen pasar.

Jenis asuransi ini akan melindungi pendidikan anak, jika orang tua mengalami kematian atau kecatatan otal yang berakibat orang tua tidak bisa mencari nafkah. Sedangkan asuransi unit link adalah gabungan antara asuransi jiwa dengan asuransi investasi, jadi keuntungan dari komponen investasi dibagi sesuai dengan jenjang pendidikan anak.

Baca Juga  Tips Memilih Asuransi Kesehatan

Asuransi Investasi

Dengan asuransi ini, jika memilih akan mendapatkan asuransi serta investasi, hal ini disebut dengan asuransi unit link. Asuransi unit link bermanfaaat untuk melindungi dan nilai tunai yang berasal dari pengembangan dana investasi.

Jadi, total premi yang disetor, ada yang dialokasikan untuk biaya proteksi dan ada yang dilokasikan untuk investasi. Dan asuransi ini memberikan proteksi jiwa, kesehatan, kecelakaan, sampai penyakit yang kritis.

Dan untuk nilai tunai yang ada di asuransi unit link bisa digunakan sebagai pembayaran premi asuransi jika sewaktu-waktu pemegang polis sudah pensiun atau sudah tidak berpenghasilan. Dengan begitu, polis asuransi masih bisa aktif, dan nilai tunai asuransi bisa digunakan untuk keuangan lainnya.

Penutup

Itulah beberapa jenis dari asuransi di Indonesia yang perlu diketahui, dan jangan lupa untuk memilih asuransi sesuai dengan kebutuhan, berguna, dan seauai dengan kemampuan finansial juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.