keuntungan investasi reksadana
Source Image : pexels.com

7 Keuntungan Investasi Reksadana, apa saja?

Artikel ini akan membahas tentang keuntungan investasi reksadana, simak selengkapnya disini. Tidak semua orang menganggap investasi itu penting dan menganggapnya sebagai finansial sampingan yang tidak memerlukan perhatian khusus.

Hal yang kerap dilakukan oleh orang-orang adalah bekerja untuk menerima gaji, membayar tagihan, dan menabung untuk hari tua. Padahal, menabung adalah salah satu bentuk investasi, hanya saja jenis investasi yang dilakukan ini dalam skala kecil.

Dalam berinvestasi tentunya banyak resiko yang harus diambil, dimana ada kemungkinan akan mengalami kerugian. Oleh sebab itu, beberapa orang pun mencari bagaimana cara berinvestasi bagi pemula, agar bisa meminimalisir atau tidak memperoleh kerugian.

Jadi memang hal itu benar, semakin besar sebuah investasi pasti akan semakin besar resikonya. Oleh sebab itu, beberapa orang mencari jesis investasi yang memiliki resiko kecil, yakni investasi reksadana.

Investasi Reksadana adalah adalah salah satu investasi yang menjadi alternatif bagi para investor, yang kesulitas dan tidak mempunyai waktu dan keahlian menghitung resiko. Dan secara umum jenis investasi ini adalah kumpulan dari nilai investasi beberapa investor yang dihimpun oleh menager investasi untuk diinvestasikan ke intrumen investasi.

Baca Juga  Mana yang Didahulukan, Berinvestasi Atau Berbisnis?

Jika membahas tentang keuntungan dari jenis investasi ini, keuntungan utama dari jenis investasi ini adalah diverifikasi aset. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah beberapa keuntungan dari reksadana, simak selengkapnya disini.

Keuntungan Investasi Reksadana

Mudah dalam Membeli Saham

Banyak investor yang tidak bisa membeli saham dengan uangnya sendiri, terutama setelah dikurangi komisi. Namun, dengan menggunakan atau memilih reksadana, tentunya investor bisa membeli saham dengan dominasi yang lebih kecil.

Dan reksadana ini yang akan membantu para investor untuk berinvestasi dengan nominal yang besar atau berkala. Dan tentunya untuk melakukan hal ini harus menggunakan rencana investasi yang sistematis bulanan.

Jadi, jenis investasi ini sangat cocok bagi pemula yang masih ragu-ragu dalam berinvestasi. Oleh sebab itu, alangkah lebih baiknya jangan pernah memilih jenis investasi dengan jangka yang panjang, jadi pilih jenis investasi yang berkala dan sesuai dengan kondisi dan keinginan investor.

Banyak Pilihan Instrumen Investasi

Keuntungan kedua dari memilih jenis investasi ini adalah banyak pilihan instrumen investasi. Tidak hanya itu, hal ini memungkinkan investor untuk berkonsultasi atau berdiskusi dengan manager investasi mengenai pilihan investasi yang ingin digeluti.

Baca Juga  Mudah dan Aman! 5 Cara Investasi Emas bagi Pemula

Mudah Mengelola Investasi

Semua kegiatan yang ada di reksadana akan dikelola oleh manager investasi (MI), dan pastinya MI yang mengelola pun seorang profesional di bidangnya. jadi, para investor tidak perlu repot-repot untuk riset dan melihat situasi pasar seperti apa.

Alasan inilah yang membuat jenis investasi ini sangat cocok dengan investor yang mempunyai keterbatasan waktu dan pengetahuian tentang investasi. Yang perlu dilakukan oleh investor hanya menyisihkan uang dan membiarkannya tumbuh dalam jangka panjang.

Mudah Melakukan Investasi

Saat ini teknologi semakin canggih dan tentunya investasi pun menjadi lebih mudah tanpa harus datang ke perusahaan manajer investasi. Bagaimana caranya? Investor bisa memanfaatkan beberapa aplikasi atau platform yang bisa digunakan untuk berinvestasi.

Terdaftar OJK

Reksadana tentunya sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keungan (OJK) dan tentunya semua kegiatan dari reksadana sudah diawasi. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kasus penipuan, penyalahgunaan dana nasabah, atau hal-hal yang tidak diinginkan.

Oleh sebab itu, jangan pernah panik atau ragu dalam berinvestasi di reksadana, karena jenis investasi ini sudah terdaftar OJK. Selain itu, jenis investasi ini sangat cocok untuk investor yang ragu dalam resiko kerugian saat berinvestasi.

Baca Juga  Platform Trading Forex Terbaik Dan Legal 2022, Terbukti Aman!

Jenis Investasi yang Fleksibel

Keuntungan lainnya dalam memilih jenis investasi ini adalah fleksibel, dimana investor dapat menjual dan membelinya sesuka hati dan kapan saja yang diinginkan. Namun, berbeda lagi jika investor meletakkan uang di deposito yang mempunyai waktu jatuh tempo dan akan merugikan investor.

Minim Resiko Kehilangan

beberapa jenis investasi memiliki resiko kehilangan yang besar, dan contoh dari jenis investasi tersebut adalah investasi emas dan investasi properti. Dimana, resiko dari jenis investasi ini mengalami kebakaran atau dicuri, namun berbeda dengan reksadana.

Seperti yang diketahui, reksadana tidak mempunya bentuk fisik, jadi tidak perlu khawatir akan kejadian kehilangan aset yang dimiliki. Semua hal yang berhubungan dengan reksadana akan dijaga baik-baik oleh bank, sehingga investasi tersebut aman dari resiko kehilangan.

 

Penutup

Itulah beberapa keuntungan dari brinvestasi reksadana yang bisa diketahui. Dan terimakasih sudah membaca artikel ini, saya harap artikel ini bermanfaat bagi Anda dan menjadi solusi dari masalah yang Anda hadapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.