cara melayani customer dengan baik
Source image : freepik.com

5 Cara Melayani Customer dengan Baik agar Bisnis Lancar

Seorang pebisnis harus mengerti bagaimana cara melayani customer dengan baik, tentunya agar bisnisnya menjadi lancar. Selain itu, membuat customer merasa puas akan pelayanan yang diberikan adalah salah satu strategi yang digunakan oleh para pebisnis untuk mengembangkan bisnisnya menjadi lebih maju.

Banyak hal yang bisa didapatkan jika seorang pebisnis memberikan pelayanan yang baik pada customer, dan tentunya banyak nilai positif yang didapatkan. Jadi tidak heran jika seaorang pebsinis harus tahu bagaimana cara melayani customer dengan baik dan benar.

Bayangkan saja jika seorang pebisnis tidak memperlakukan pelanggannya dengan baik, tentunya banyak hal negatif yang akan berdatangan. Dan hal-hal negatif itu tentunya ada kemungkinkan pertengkaran dengan pelanggan, bahkan bisa beresiko bisnis gulung tikar.

Mungkin beberapa pebisnis menganggap bagaimana cara melayani customer dengan baik adalah hal yang sepele. Padahal anggapan itu salah, malah hal tersebut adalah strategi yang penting untuk membuat bisnis menjadi lebih baik, dan berikut ini adalah cara melayani customer dengan baik, simak selengkapnya disini.

5 Cara Melayani Customer dengan Baik agar Bisnis Lancar

Harus Bisa Memahami Produk yang Dijual

Cara pertama yang harus dilakukan adalah harus memahami produk yang dijual, produk yang dijual adalah solusi bagi pelanggan. Jadi, sebelum memahami produk yang dijual, ketahui terlebih dahulu apa permasalahan yang dihadapi oleh banyak orang atau calon pelanggan.

Produk yang akan dijual nanti adalah jawaban dari masalah atau solusi yang dimiliki oleh calon pelanggan. Setelah itu, jelaskan produk yang dijual, seperti fungsi dan kelebihan dari produk tersebut untuk membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh calon pelanggan.

Memecahkan Masalah dengan Kreatif

Cara kedua yang harus dilakukan adalah memecahkan masalah dengan kreatif, masalah akan datang jika pelanggan tidak dilayani dengan baik. Dalam keadaan tersebut, alangkah lebih baik untuk bersikap tenang dan jangan terbawa emosi, selesaikan masalah itu dengan cepat dengan kreatif.

Jadi jangan pernah ragu untuk menyelesaikan masalah dengan cara yang kreatif, jika pelayanan dan cara yang dilakukan tepat. Pelanggan yang bergejolak atau emosi akan luluh, dan ada kemungkinkan masih akan tetap bertransaksi bisnis.

Cepat Tanggap dan Responsif

Cara ketiga yang harus dilakukan adalah cepat tanggap dan responsif, seorang pebisnis harus cepat menganggapi pertanyaan dari pelanggan. Contohnya jika ada pelanggan yang bertanya-tanya tentang produk yang akan dibeli, layani pelanggan tersebut dan penuhi permintaan-permintaannya.

Jangan sampai terjadi sebuah kesalahan seperti kurang tanggap dalam memenuhi permintaan calon pelanggan dikarenakan ada masalah di kantor. Tentunya hal tersebut tidak boleh dilakukan, yang pasti pelanggan tidak akan peduli dengan hal tersebut, yang mereka pedulikan adalah dipenuhi permintaannya.

Fokus Mendukung Customer

Cara keempat yang harus dilakukan adalah fokus mendukung pelanggan, dimana pelanggan adalah hal yang paling utama dibandingkan dengan produk dan keuntungan. Jadi pebisnis harus melakukan pendekatan melalui layanan customer service, agar lebih mengenal bagaimana sifat dan watak dari pelanggan.

Karena jika ada masalah, pebisnis sudah tahu bagaimana cara menyelesaikannya agar emosi akan lebih cepat mereda. Jadi kenali pelanggan untuk mengetahui bagaimana penanganan yang tepat jika terjadi masalah, dan jangan lupa untuk tetap bersikap sopan kepada pelanggan.

Memenuhi Janji

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk melayani pelanggan adalah memenuhi janji, jika membuat janji dengan seorang pelanggan maka penuhilah. Jangan kecewakan pelanggan karena tidak memenuhi janji yang dibuat, karena hal ini akan membuat pelanggan tidak merasa hormat dan sukar percaya.

Contohnya berjanji untuk mengembangkan fitur yang ada di aplikasi dengan jangka waktu tertentu, Anda harus memenuhinya dengan jangka waktu yang ditentukan. Kalau lebih dari jangka waktu yang ditentukan, tentunya pelanggan akan merasa kecewa, rasa percaya dan rasa hormat pelanggan akan berkurang.

Jika terjadi hal tersebut, solusi yang tepat dalam menanganinya adalah menebusnya dengan menawarkan sesuatu kepada pelanggan. Yang pasti kerugian akan datang, tapi itu hanya bersifat sementara, sebagai bayarannya Anda akan mendapatkan pelanggan yang loyal.

Penutup

Dan itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melayani pelanggan dengan baik, yang pasti cara yang disajikan diatas tidak semua. Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga artikel ini bisa membantu.