ide bisnis rumahan
Source Image : freepik.com

5 Ide Bisnis Rumahan yang Akan Trending di 2023!

Banyak orang yang mencari buah-buah pikiran tentang bisnis, dan pada 2023 nanti ide bisnis rumahan ada buah pikiran yang akan menjadi trending. Tentunya, masih ada beberapa orang yang bertanya-tanya, mengapa berbisnis rumahan akan menjadi trending.

Tidak hanya itu, banyak orang yang bertanya-tanya keuntungan yang didapatkan dari meneraopkan ide bisnis rumahan. Untuk masalah keuntungan yang akan didapatkan tentunya tidak sedikit, bukan berarti bisnis yang dilokasikan di rumah akan mendapatkan keuntungan yang sedikit.

Jadi untuk masalah keuntungan sebenarnya, tergantung dengan pebisnis itu sendiri, bukan dikarenakan lokasi bisnisnya. Untuk membuat bisnis menjadi lebih baik dan berkembang, seorang pebisnis harus kreatif dan berinovasi agar bisnis yang dijalankan berkembang dan menjadi sukses seperti yang diinginkan.

5 Ide Bisnis Rumahan yang Akan Trending di 2023!

Freelance Content Writing atau Penulis

Buah pikiran yang pertama adalah menjadi freelance penulis artikel, menjadi seorang penulis tentunya tidak mudah untuk dilakukan. Karena, seorang penulis harus memiliki kemampuan tersendiri, dimana penulis harus bisa membuat seorang pembaca tertarik untuk membaca tulisannya sampai akhir.

Penulis artikel ini memiliki penawaran yang luas, diantaranya adalah artikel SEO, tulisan berbahasa Inggris, membuat makalah, copywriting, dan masih banyak lagi. Bisnis yang satu ini adalah jenis bisnis milenial yang saat ini menjadi salah satu bisnis yang banyak dikerjakan oleh orang.

Menjadi Seorang Blogger

Buah pikiran yang kedua adalah menjadi seorang Blogger, jenis bisnis ini berbeda dengan freelance penulis artikel. Bedanya, menjadi seorang Blogger memiliki situsnya sendiri kemudian mengunggah konten artikel di situs yang dimiliki, akan tetapi ada beberapa hal yang harus diketahui sebelum menjadi seorang Blogger, yakni.

1. Blog harus memiliki tujuan

2. Pilihlah tema blog sesuai dengan minat dan keahlian yang Anda miliki

3. Buatlah Blog untuk diri sendiri

4. Dapatkan pendapatan dari Blog dengan menggunakan Google Adsense, menjalankan afiliasi, melayani endorse, dan masih banyak lagi.

Bagi seorang pemula, bisnis ini sangat sulit karena tidak memiliki pengalaman yang cukup untuk membangun Blog. Jika memiliki pengalaman dan ilmu yang sudah cukup, Blog akan berkembang dengan baik, dan tentunya sebagai pemilik Blog akan mendapatkan cuan.

Menjadi Translator

Bisnis ini hampir sama dengan bisnis penulis artikel, akan tetapi fokus untuk menerjemahkan bahasa asing. Bisnis ini bisa menjadi terobosan bagi orang yang tidak suka menulis artikel, tetapi suka menulis.

Translator bisa membuat makalah atau translator subtitle pada video, dan pastinya ini sudah sering dilihat di film-film barat yang ada subtitlenya.

Menjual Barang Bekas

Buah pikiran yang keempat adalah menjual barang bekas, saat ini menjual barang bekas adalah bisnis yang banyak dilakukan. Contohnya menjual baju bekas yang masih layak untuk dipakai tentunya, dan keuntungan yang dapatkan pastinya lumayan.

Untuk menjalankan bisnis menjual barang bekas haruslah jujur, jika ada barang yang cacatatau kerusakan. Alangkah lebih baik untuk menjelaskannya pada calon pelanggan, agar pelanggan tidak kecewa jika sudah membelinya.

Kekurangan lain dari bisnis ini adalah susah untuk mendapatkan pelanggan yang ingin membeli produk bekas. Jadi, sebagai pebisnis harus pandai dalam mempromosikan barang meskipun bekas, agar calon pelanggan tertarik untuk membelinya.

Membuka Rental

Buah pikiran yang terakhir adalah membuka rental, bisnis ini bisa dibuka jika memiliki barang yang jarang digunakan dan masih bisa digunakan tentunya. Dan barang-barang untuk membuka rental ini tentunya tidak perlu barang yang besar, contohnya sepeda motor, mobil, atau produk lainnya yang membutuhkan modal besar.

Alangkah lebih baik untuk memilih produk yang membutuhkan modal kecil, contohnya buku, komik, atau CD yang masih dalam keadaan yang baik. Jika sudah memiliki barang-barang tersebut, manfaatkanlah sosial media untuk menjadi lapak agar lebih dikenal dan dijangkau oleh banyak orang, sehingga calon pelanggan tertarik.

Penutup

Itulah beberapa buah pikiran bisnis yang bisa dilakukan di rumah tanpa harus memiliki kios dengan modal yang kecil. Meskipun tidak membutuhkan modal yang besar, ada kemungkinan keuntungan yang didapatkan malah besar, terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga membantu.