Umbul Sigedhang

Umbul Sigedhang Tempatnya Berlibur Anak-Anak dan Keluarga

Mata air yang mengalir tenang dan kolam renang alami bisa kita nikmati di tempat wisata bernama Umbul Sigedhang. Salah satu keunggulan dari tempat wisata ini adalah obyek wisata yang sangat cocok untuk anak-anak. Jadi, jika Anda ingin menyenangkan anak-anak ketika libur sekolah, Anda bisa mengajak anak Anda ke tempat ini.

Tentunya obyek wisata ini sangat cocok untuk liburan semester anak-anak sekolah. Jadi, tidak heran jika di bulan liburan semester banyak anak kecil yang berkunjung ke sini. Bahkan tidak sedikit sekolah di area sekitar memiliki jadwal kunjungan rekreasi di tempat wisata ini.

Sejarah Umbul Sigedhang

Tempat wisata dengan nama lengkap Umbul Sigedhang Polanharjo yang memiliki nama karena adanya pepohonan pisang. Dalam bahasa Jawa, gedhang merupakan sebutan untuk buah pisang. Karena tempat tersebut dikelilingi dengan pepohonan pisang, jadi tidak heran jika ada unsur sebutan gedhang.

Tempat ini merupakan obyek wisata berbentuk kolam renang yang mana kolamnya berisi air murni dari mata air. Jadi, air di kolam tersebut sama sekali tidak berbahaya untuk mata yang mana kebanyakan kolam renan berisikan kaporit yang membuat mata menjadi panas dan memerah. Bahkan di dalam kolam tersebut juga terdapat berbagai ikan tawar yang menari-nari indah di dalam air sebagai pemandangan anak-anak.

Anak-anak juga memiliki kesempatan untuk memberi makanan pada ikan-ikan itu yang mampu membuat mereka semakin senang untuk berlibur. Tentunya hal ini menjadi pengalaman menarik bagi mereka yang akan terkenan di dalam benak mereka.

Lokasi Alamat dan Rute

Tempat wisata ini berada di Dk. Umbulsari, Ponggok Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Ketika Anda berangkat dari pusat kota Klaten, hanya menempuh jarak 15km yang mana bisa Anda tempuh sekitar 15 menit saja dengan mobil atau motor.

Banyak ulasan baik tentang tempat wisata ini. Kebanyakan para wisatawan puas dengan kolam renang yang dimiliki oleh destinasi ini. Pasalnya, kolam renang tersebut merupakan kolam yang berisi mata air langsung. Mata air adalah air yang keluar secara alami yang mana juga bisa kita minum.

Anda bisa mengajak anak-anak Anda untuk berlibur di sini. Pasalnya, tempat wisata ini memang sebenarnya juga dikhususkan untuk anak-anak kecil. Namun bukan berarti orang dewasa tidak bisa menikmatinya.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Tidak perlu khawatir dengan biaya masuk ke tempat wisata ini. Karena tempat wisata ini tergolong sebagai tempat wisata yang murah di kota Klaten. Apalagi pesona alam yang memanjakan mata kita akan membayar uang yang sudah kita berikan untuk tiket masuk.

Selain pesona alam di sekelilingnya, Anda pun juga bisa menikmati berbagai spot untuk mengabadikan Anda bersama anak Anda atau dengan keluarga Anda. Tentunya tempat wisata ini menjadi rekomendasi terbaik sebagai tempat berlibur keluarga.

Cukup mengeluarkan uang Rp 5.000,- per orang, Anda sudah bisa masuk ke tempat wisata ini. Sedangkan tarif parkir Umbul Sigedhang, yaitu Rp 2.000,- untuk motor dan Rp 5.000,- untuk mobil. Tarif tersebut terbilang sebagai tarif parkir yang standar karena mengikuti ketentuan pemerintahan setempat.

Untuk Anda yang memutuskan untuk berlibur bersama buah hati Anda ke tempat ini, Anda bisa mengunjunginya setiap hari dari jam 7 pagi hingga jam 5 sore. Di hari libur atau tanggal merah, biasanya tempat wisata ini ramai pengunjung. Tidak sedikit orang berkunjung ke sini untuk menghabiskan weekend mereka.

Fasilitas Umbul Sigedhang

Berbagai fasilitas menarik dapat kita nikmati di sini bersama keluarga dan anak-anak Anda. Dengan pesona alam yang menawan, membuat Anda dapat menyegarkan kepala Anda. Beberapa fasilitas yang ditawarkan obyek wisata ini di antaranya :

  • Tempat parkir yang memadai
  • Warung-warung untuk kita makan dan berisitirahat
  • Toilet umum yang nyaman digunakan
  • Ruang ganti sangat diperlukan setelah kita berenan di kolam mata air
  • Gazebo untuk bersantai ria
  • Mushola untuk beribadah
  • Hingga pelampun yang disewakan

Bisa dikatakan destinasi wisata ini memiliki fasilitas yang memadai, yang mana dapat melengkapi liburan Anda bersama keluarga.

Daya Tarik Sigedhang

Selain Umbul Cokro, Umbul Sigedhang tidak kalah menarik sebagai tempat wisata di Klaten. Mungkin sebagian para wisatawan belum mengenal nama tempat wisata ini. Jadi, Anda perlu mencobanya sebagai rekomendasi destinasi wisata Anda bersama keluarga tercinta.

Meskipun belum seberapa terkenal, namun tempat wisata ini memiliki daya tarik tersendiri. Salah satunya seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, bahwa tempat wisata ini memiliki kolam renang yang berisi air murni yaitu langsung dari mata air alami. Diduga, mata air tersebut merupakan aliran dari mata air yang digunakan untuk mengisi air galon yang memiliki merk Aqua.

Selain kolam air yang jernih dan alami, Umbul Sigedhang memiliki daya tarik pada ikan-ikan tawar yang siap menemani Anda berlibur di sana. Anda bisa memberinya makanan bahkan bermain bersama ikan-ikan itu.

 

*Note: blok kuning kalimat yang indikasi plagiasi, namun sudah saya ganti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *