Kota Takengon

Mengenal Lebih Dekat Kota Takengon, Ibu Kota Aceh Tengah

Indonesia tak pernah kehabisan tempat-tempat indah dan bersejarah. Dari Sabang sampai Merauke semua daerah memiliki daya tarik yang tidak ada habisnya. Kali ini adalah Kota Takengon yang merupakan Ibu Kota dari Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh. 

Lokasi Kawasan Takengon

Kota ini merupakan salah satu dataran tinggi yang ada di Aceh dengan ketinggian kurang lebih 1200 m di atas permukaan air laut. Kota yang pernah mendapatkan piala Adipura pada tahun 2016 dan 2017 itu terletak pada sisi Danau Laut Tawar, Kecamatan Lut Tawar yang ada di tengah-tengah wilayah provinsi Aceh.  

Sejarah Kota Takengon 

Takengon sendiri berasal dari bahasa aceh yaitu “tikungan”, artinya kelokan. Karena menuju ke kota yang satu ini haruslah melalui tanjakan perbukitan serta melewati lereng gunung. Jalanannya sangat berkelok, terjal, curam dan pepohonan yang masih lebat di sepanjang jalan.

Menurut cerita, dahulu kala masyarakat Gayo merupakan orang pertama yang memasuki daerah tersebut. Di tempat ini masyarakat Gayo kemudian memberi nama Takengon atau ta kuengon yang memiliki arti “di saat ku lihat”. 

Ada cerita lain menyebutkan nama Takengon diambil dari kata ta kukengen yang berarti dikuatkan atau bisa diartikan diiikat. Ada lagi cerita yang diungkapkan masyarakat pesisir Aceh bahwa Takengon berasal dari kata taki ngon yang artinya menipu teman.

Rute Menuju Takengon 

Jika Anda hendak berkunjung ke Kota Takengon, maka untuk menuju Ibu Kota Kabupaten Aceh Tengah tersebut bisa melalui Jalan Lintas Timur Sumatera ex Jl. KKA Aceh Utara atau Anda juga bisa lewat Kabupaten Bireuen. Jika lewat Bireuen, Anda harus melalui 2 gunung aktif yang ada di Kabupaten Bener Meriah.

Daya Tarik Objek Wisata, Tiket Masuk dan Fasilitas 

Banyak sekali objek wisata menarik yang ada di Kota Takengon. Kesemua wisata tersebut memiliki daya tarik tersendiri yang wajib Anda kunjungi di Takengon. Salah satu wisata yang menarik adalah Danau Laut Tawar. Dari namanya saja Danau Laut Tawar sudah unik. Danau tersebut juga memiliki peran penting untuk wilayah Aceh Tengah.

Danau Laut Tawar merupakan sebuah danau serta kawasan wisata yang ada di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah. Danau tersebut ialah danau tektovulkanik yang terbentuk secara bersamaan dengan Sesar Semangko. Itulah mengapa Danau Laut Tawar terbentang sangat luas, yaitu 5.472 hektar, panjang 17 km dan lebar 3,219 km.

Danau Laut Tawar ini menjadi destinasi wisata bahkan ikon Aceh Tengah. Daya tarik danau yang mirip dengan laut menjadikan wisata ini ramai dikunjungi masyarakat.

Pemandangan Danau Laut tawar sangatlah indah walaupun Anda mengambilnya dari sudut manapun. Anda dapat merasakan sejuknya udara sembari menikmati keindahan danau yang mirip dengan Danau Toba di Sumatera Utara.

Ada beberapa wahana juga untuk memperseru liburan Anda ketika ke Danau Laut Tawar. Untuk masuk ke wisata ini, Anda hanya cukup mengeluarkan uang Rp. 5000,00. Ada beberapa fasilitas yang ditawarkan di danau ini, yaitu area parkir, sekoci, mushola, perahu karet, speadboat, sampan, restoran bahkan penginapan.

Takengon bukan hanya memiliki Danau Laut Tawar, ada objek wisata lain yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi seperti Gunung Berapi Burni Telong dan Pantai Menye yang merupakan tepian danau seperti pantai.

Anda tertarik untuk ke Kota Takengon? Jika Anda tertarik, jangan lupa untuk mengajak keluarga untuk pergi berlibur ke Takengon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *