apa itu altcoin
Source Image : unsplash.com

Apa Itu Altcoin? Simak Penjelasan dan Cara Kerjanya

Artikel ini akan membahas tentang Altcoin, serta bagaimana cara kerjanya, simak selengkapnya disini. Mata uang kripto terus berkembang, dan saat ini pun terdapat lebih dari 10.000 mata uang kripto yang di dagangkan dari beberapa platfrom yang ada di didunia ini.

Dari sekian banyaknya mata uang kripto yang didagangkan di publik adalah altcoin. Jika Anda telah lama atau sedang berkecipung dalam dunia kripto, tentunya tidak akan asing dengan hal ini, hanya saja beberapa orang ada yang masih asing dengan mata uang kripto ini.

Dan tentunya, orang-orang yang masih asing dengan mata uang ini adalah orang-orang masih awam dalam kripto. Akan tetapi, jika tertarik dengan kripto, altkoin adalah mata uang yang tepat untuk menjadi referensi selain bitcoin.

Selain itu, ada perbedaan juga antara kedua mata uang ini, jadi Anda perlu tahu jika ingin memperdalam dunia kripto. Agar lebih jelas penjelasan tentang ini, simak artikelnya sebagai berikut

Pengertian Altcoin

Altcoin ini adalah mata uang alternatif dari bitcoin, penamaannya berasal dari penggabungan kata alternatif dan koin dalam bahasa inggris, yakni alternatif coin. Dan pada November 2021 lalu, terdapat 14.000 total jenis mata uang kripto.

Baca Juga  Saya Punya Ide Bisnis Bagus, Selanjutnya Apa?

Tidak hanya itu, kapitalisasi bitcoin dan ethereum sudah mencapai hampir 60 persen dari total mata uang kripto. Jika menceritakan tentang sejarah dari jenis mata uang ini, mata uang ini sudah mulai dikembangkan pada tahun 2011 lalu.

Sama halnya dengan dengan bitcoin, generasi pertama dari jenis mata uang ini dikembangkan dengan blockhain. Dan nama pertama dari jenis mata uang ini adalah namecoin yang dikembangkan menggunakan kode bitcoin.

Dan tujuan awal dari jenis mata uang ini adalah untuk meningkatkan aspek bitcoin dalam kecepatan bertransaksi atau efisiensi energi. Berbeda dengan yang lama, jens mata uang yang baru memiliki berbagai tujuan dan beragam jenis.

Cara Kerja Altcoin

Karena altcoin ini berasal dari bitcoin, tentunya harga dari altcoin ini kerap mengikuti pergerakan bitcoin. Namun, perkembangan dari ekosistem investasi dan perkembangan dari pasar baru koin-koin ini akan membuat pergerakan harga alternative coin.

Baca Juga  Aplikasi Trading Bitcoin Terbaik di Indonesia 2022

Tidak hanya itu, bahkan harganya pun akan menjadi independen dan tidak ikut tergerak dari pergerakan harga bitcoin lagi. Jadi, jika Anda ingin mengetahui cara kerja dari alternative coin, alangkah lebih baik jika pahami terlebih dahulu teknologi blockhain.

Mengapa harus mempelajari teknologi blockhain terlebih dahulu? Karena alternative coin mempunyai cara kerja yang persis dengan bitcoin, yakni beroperasi dengan teknologi blockhain.

Namun, pasti akan muncul beberapa alternative coin yang bertujuan untuk menutupi kekurangan dari bitcoin. Dan hal ini sudah ada contohnya, yakni litecoin yakni versi ringan dari bitcoin yang diciptakan oleh mantan engineer di Google, Charlie Lee.

Dan berikut ini adalah hal-hal yang perlu diketahui Anda jika ingin memahami tentang alternatif coin, simak penjelasannya sebagai berikut.

Sangat spekulatif dan Volatil

Spekulasi ini adalah salah satu gerakan pertama yang harus dilakukan dalam pasar kripto, jadi diperlukan riset yang mendalam sebelum berinvestasi dalam alternative coin apapun. Dan tentunya, jangan pernah melakukan riset yang asal-asalan  berdasarkan rumor yang beredar.

Baca Juga  Broker Forex Terbaik 2022 Rekomendasi Para Trader di Indonesia

Jadi, seriuslah dalam riset agar tidak mengalami kerugian saat berinvestasi pada alternative coin. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan saat meriset adalah siapa pengembang dari koin tersebut, dan siapa yang nantinya akan menjamin keuangan dari koin tersebut.

Mata uang dengan dampak lingkungan

Perlu diketahui, untuk menambang energi untuk bitcoin sangat besar, dan ini menjadi salah satu masalah dan kekurangan yang dihadapi oleh aset kripto. Pada Agustun 2021 lalu, energi bitcoin yang dibutuhkan mencapai 151, 57 TWh, dan jumlah itu setara dengan energi di seluruh Malaysia.

 

Penutup

Itulah penjelasan dan cara kerja dari alternative coin, apakah sudah jelas tentang seperti apa alternative coin itu? Jika Anda ingin berkecipung dalam dunia kripto jangan lupa untuk terus belajar dan melakukan riset yang mendalam agar tidak mengalami kerugian yang cukup besar.

Tidak hanya itu, pahami juga blockhoin terlebih dahulu sebelum mendalami alternative coin, setelah itu baru riset yang mendalam dan jangan asal-asalan dalam riset. Terimakasih sudah membaca artikel, dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.