microsoft-windows10

Cara Install Windows ke Dalam Hardisk External atau Flashdisk

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas artikel mengenai cara install windows (windows 7, 8, dan 10) secara portabel melalui flashdisk atau hardisk ekternal, dimana dengan cara ini kita bisa membawa dan menggunakan sistem operasi kapan saja dan dimana saja.

Menginstall windows dengan flashdisk atau hardisk dapat membantu agan dalam mengamankan dan membackup data-data penting yang ada di dalam hardisk internal apabila sewaktu-waktu windows pada komputer agan mengalami error atau kerusakan.

Cara Install Windows Ke Dalam Flashdisk

Hal ini juga pernah saya alami ketika windows saya rusak dan bingung pakai cara apa untuk backup data, akhirnya saya memutuskan menginstall windows ke dalam hardisk eksternal kemudian saya tancapkan di komputer yang windowsnya rusak, kemudian barulah saya bisa backup itu data-data penting tersebut dengan windows yang sudah saya install di hardisk eksternal tersebut.

Baca Juga  Setor Tunai di ATM Bank Mandiri, Begini Caranya

Sebelum masuk ke tutorial, Jika sobat menggunakan flashdisk sebaiknya menggunakan yang ukuran 32 GB saja, sedangkan saya rekomendasikan untuk menggunakan hardisk eksternal saja karena sizenya lebih besar.

Dan untuk windows sendiri saya merekomendasikan untuk menggunakan windows 8 atau 10 karena mudah dibuat portable. Setelah perangkat yang sudah dipersiapkan, selanjutnya agan hanya butuh satu aplikasi saja yakni WinToUSB. Aplikasi wintousb dapat agan download pada link dibawah.

Download WinToUSB

Setelah semua bahan sudah siap, lanjut ke tutorial berikut, di tutorial ini saya menggunakan hardisk.

1. Agan install terlebih aplikasi wintousb, setelah di intsall buka aplikasi tersebut, kemudian di pojok kanan atas terdapat menu load, klik saja menu tersebut, dan silahkan agan pilih windows yang mau di install.

Baca Juga  Best Tips! 3 Cara Cek RAM HP Realme yang Bisa dicoba

Bila dalam windows tersebut terdapat beberapa pilihan seperti windows 10 pro atau home. Maka sobat pilih salah satu yang mau digunakan. Kemudian klik Next.

2. Setelah itu sobat bisa memilih flashdisk atau hardisk yang akan sobat gunakan untuk menginstall windows.

3. Selanjutnya akan muncul partisi dari hardisk atau flashdisk yang digunakan, kemudian agan tentukan partisi untuk menaruh sistem dan boot. Jika agan bingung pilih yang mana, silahkan disamakan saja tempat sistem dan boot nya.

Jangan lupa pilih legacy, kemudian klik next.

4. Proses instalasi windows sudah berjalan, maka agan tinggal menunggu prosesnya sampai selesai. Mungkin membutuhkan waktu 15 sampai 20 menit saja.

Baca Juga  Rekomendasi 5 Laptop Gaming Murah 5 Jutaan

5. Setelah instalasi windows selesai, agan bisa menutup aplikasi wintousb, dengan mengklik exit.

Lalu bagaimana cara membuka windows yang baru saja di install ?

Untuk menjalankan windows tersebut, silahkan tancapkan flashdisk atau hardisk eksternal yang agan gunakan untuk instalasi tadi ke komputer yang ingin digunakan, kemudian setting bios dengan menempatkan flashdisk atau hardisk sebagai boot pertama.

Bagaimana, sangat mudah bukan ? Oke gan, demikianlah artikel mengenai cara install windows ke dalam flashdisk atau hardisk eksternal, semoga dapat menambah pengetahuan, sekian artikel kali ini semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.