Ilustrasi cara mematikan windows defender
source image : pixabay.com

Cara Mematikan Windows Defender di Windows 10

Artikel ini akan menyajikan bagaimana cara mematikan Windows Defender. Caranya relatif mudah dan tidak membutuhkan aplikasi tambahan untuk menonaktifkannya.

Namun, pentingkah pengguna laptop mengetahui cara mematikan Windows Defender di Windows 10? Pastinya itu sangatlah penting, karena adakalanya antivirus tersebut dimatikan untuk sementara.

Oleh sebab itu, pengguna laptop penting untuk mengetahui bagaimana cara mematikan Windows Defender di Windows 10. Windows Defender sendiri adalah sebuah antivirus yang berguna untuk mengamankan laptop dari virus yang berbahahaya.

Tidak hanya bisa melindungi laptop dari virus, Windows Defender juga bisa melindungi laptop dari serangan malware, spyware, rootkit, dan masih lagi yang lainnya. lalu mengapa ada kalanya pengguna harus mematikan Windows Defender?

Seperti yang diketahui, Windows Defender adalah sebuah antivirus yang melindungi perangkat dari virus yang ada di beberapa sistem operasi, contohnya Windows 10 dan Windows 11. Namun, adakalanya antivirus ini membaca sebuah file dan aplikasi aman sebagai virus.

Hal itu bisa terjadi, saat pengguna laptop ingin menginstall aplikasi dalam keadaan Windows Defender menyala atau hidup. Oleh karena itu, adakalanya saat menginstall aplikasi dianjurkan untuk mematikan Windows Defender terlebih dahulu.

Baca Juga  Rekomendasi Aplikasi Kasir Android Terbaik

Jadi tidak heran jika banyak pengguna yang mematikan Windows Defender, meskipun menjadi antivirus yang terbaik untuk mengamankan laptop. Tidak hanya itu, Windows Defender juga kerap memunculkan pop-up yang membuat aktivitas pengguna menjadi terganggu.

Berikut ini adalah bagaimana cara mematikan Windows Defender di Windows 10 agar tidak mengganggu aktivitas pengguna, simak selengkapnya disini.

Cara mematikan Windows Defender di Windows Security

Seperti yang dikatakan tadi, jika Windows Defender aktif, aktvitas pengguna saat menginstall aplikasi akan terganggu. Namun, saat mengintall aplikasi jangan matikan Windows Defender secara permanan, matikan saja sementara.

  1. Pilih icon search, kemudian ketikkan Windows Security untuk membukanya
  2. Cari Virus & threat protection
  3. Kemudian, pilih Manage Settings di bagian bawah Virus & threat protection
  4. Jika menemukan real-time protection is on/off, tekan tombol off untuk mematikan

Setelah itu, Windows Defender akan nonaktif sementara, dan pengguna bisa menginstall aplikasi dengan mudah, tanpa perlu terganggu. Namun, jika ingin menghidupkannya lagi, kembali ke Virus & threat protection – Manage Settings – tekan kembali on/off untuk menghidupkannya kembali.

Baca Juga  Easy Tips! 3 Cara Langganan Spotify Premium

Cara mematikan Windows Defender dengan group policy

TIdak semua pengguna menggunakan Windows 10 yang biasa, ada juga pengguna yang menggunakan Windows 10 Pro. Oleh sebab itu, cara mematikannya di Windows 10 Pro agak berbeda daripada Windows 10 yang biasa, yakni dengan group policy.

Dan fitur yang digunakan untuk mematikan Windows Defender di Windows 10 adalah Tamper Protection. Agar lebih jelas, berikut cara menonaktifkan Windows Defender di Windows 10 Pro.

  1. Klik icon search pada taskbar, kemudian ketikkan Windows Security untuk membukanya
  2. Lalu pilih Virus & threat protection
  3. Pada bagian bawah Virus & threat protection, pilih Manage Settings
  4. Aur tombol on/off pada Tamper Protection menjadi off

Setelah tombol on/off pada Tamper protection menjadi off, Windows Defender tentunya akan mati sementara. Pengguna pun bisa melanjutkan aktivitas tanpa merasa khawatir akan terganggu.

Sama halnya dengan cara sebelumnya, cara untuk menghidupkan kembali Windows Defender, lakukan restart pada Tamper protection pada Manage Settings.

Baca Juga  Aplikasi Edit Foto Terbaik Android Gratis Terbaru

Cara mematikan Windows Defender secara permanan

Pada dasarnya, mematikan Windows Defender secara permanan dilakukan oleh pengguna laptop, dikarenakan mempunyai antivirus lainnya. Dan simak berikut bagaimana cara menonaktifkan Windows Defender secara permanan.

  1. Tekan tombol perintah Windows+R, kemudian ketikkan gpedit.msc
  2. Lalu, pilih Computer Configuration, klik Administrative Template
  3. Setalah itu, pilih Windows Components, dan pilih Microsoft Defender Antivirus
  4. Kemudian cari dan double klik menu Turn off Microsoft Defender Antivirus
  5. Lalu pindah opsi Enable ke opsi Disable
  6. Klik ok
  7. Restart perangkat

Setelah merestart, Windows Defender pada laptop akan mati secara permanan. Dan jika ingin menghidupkan kembali Windows Defender, pilih kembali opsi Disable ke Enable di menu Turn off Microsoft Dender Antivirus.

terimakasih sudah membaca artikel ini, dan seperti itulah bagaimana cara menonaktifkan Windows Defender di Windows 10, untuk caranya memang beragam. Karena, Windows 10 mempunyai dua versi, yakni Windows 10 dan Windows 10 Pro, dan mematikan secara permanan dan tidak permanen.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.