Lokasi Wisata Terbaik dan Wajib Dikunjungi di NTT

Sumba adalah salah satu pulau terindah dan masih alami di Indonesia. Ada banyak tempat wisata di Sumba yang sebagian besar masih belum diketahui.

Tempat wisata di Sumba, pantai, desa kuno yang menjadi saksi sejarah peradaban kuno. Pulau Sumba sendiri merupakan bagian dari Nusa Tenggara Timur.

Berikut 10 destinasi wisata menarik di Sumba menurut pariwisata Indonesia.

Danau Weekuri

Danau Weekuri adalah surga tersembunyi yang unik dengan keindahan yang melimpah. Terletak di desa Calenarogo, sebelah utara Codi dan barat daya Sumba.

Keunikan Danau Wikkuri adalah air asin serta danau ini dikelilingi oleh terumbu karang dan vegetasi yang rimbun.

Kampung Ratenggaro

Sumba memiliki desa tradisional bernama Ratenggaro. Desa Ratenggaro terletak di barat daya Sumba di desa Umbu Ngedo.

Apa yang istimewa dari desa ini? Mereka memiliki atap unik setinggi 15 m yang disebut Uma Kelada. Desa Ratenggaro memiliki 304 makam bersejarah 4.500 tahun yang lalu.

Baca Juga  5 Tempat Wisata Jombang Terbaru dan Cocok untuk Rekreasi

Desa ini terletak di muara sungai Waiha dan tepi pantai. Oleh karena itu, ketika mengunjungi desa Rettingaro, pengunjung dipenuhi dengan pemandangan yang indah.

Pantai Bawana

Pantai indah dengan singkapan berbatu dan lengkungan megah di pantai. Keindahan pantai Bavana terletak pada pasirnya yang putih dan lembut. Hijaunya menambah nuansa pantai yang indah.

Air Terjun Waimarang

Di sini, di kolam batu alam, pengunjung dapat bersantai. Pisang hijau menambah suasana alam. Pengunjung dapat bermeditasi atau bersantai dengan hanya duduk di tepi kolam renang atau melakukan yoga. Suara tenang alami bisa menjadi salah satu obat stres yang paling ampuh.

Resor Nihiwatu

Pantai Nihiatu dianggap sebagai salah satu pantai terbaik di Asia karena pasirnya yang indah dan laut yang bersih dikelilingi oleh perbukitan hijau. Ini juga merupakan surga bagi perenang serta penggemar olahraga air, menyelam, dan snorkeling.

Di pantai terdapat fasilitas rekreasi kelas dunia dimana pengunjung dapat menikmati beberapa fasilitas terbaik di pantai.

Baca Juga  10 Tempat Wisata Permainan di Jogja Paling Menyenangkan

Mangrove di Walakiri

Mereka memiliki pantai yang bagus saat air surut. bagaimana? Hal ini dikarenakan pengunjung bisa leluasa berfoto dengan keunikan pohon bakau yang bertebaran di salah satu sisi pantai.

Pohon mangrove memiliki cabang ular dan daunnya tidak terlalu lebat. Bagus untuk foto siluet saat matahari terbenam. Pengunjung dapat menikmati berjemur, berenang atau pantai sambil menikmati es kelapa.

River Tubing Di Air Terjun Tanggedu

Air Terjun Tanggedu terletak di desa Tanggedu di Provinsi Sumba Timur Kecamatan Kanatang. Tempat ini indah dan harus dimasukkan dalam prioritas karena relief batu yang unik.

Airnya yang biru jernih membuat air terjun ini sangat indah. Airnya sangat cepat, yang ideal untuk body rafting atau tubing. Selain itu, air sungai di sini tidak terlalu dalam, sehingga sangat cocok untuk kegiatan yang menyenangkan.

Kampung Tarung

Kampung Tarung di Waikabubak, merupakan salah satu pusat budaya di pusat kota dan masih berdiri. Di sini pengunjung dapat menemukan wanita lokal menenun kain indah yang bertahan hingga satu tahun. Kain ini disulap menjadi kain ikat tradisional.

Baca Juga  5 Tempat Wisata Gunung Kidul yang Lagi Hits

Waikabubak

Membeli memorial khusus melengkapi perjalanan ke Sumba. Ada pasar tradisional di Wikabak yang menjual berbagai kerajinan lokal, seperti kain Icat, tumbuk Sumbanz atau gelang daun pisang.

Di sebelah terminal bus adalah Jalan Ahmed Yani. Pasar ini merupakan urat nadi kehidupan masyarakat setempat. Pasar ini menjual berbagai macam produk, mulai dari kebutuhan pokok, dari sayuran hingga pakaian. Mampirlah ke desa Praha yang indah dan nikmati rumah indah lainnya dengan panorama yang indah.

Bukit Wairinding

Bukit Wairinding dikatakan sebagai bukit paling terkenal di Instagram. Jarak tempuh 45 menit dari kota Waingapu, Sumba Timur. Ini adalah rangkaian tempat wisata di Dataran Tinggi Savana yang luas. Namun, lapangan tampak hijau hanya selama musim hujan dari November hingga Mei.

Leave a Reply

Your email address will not be published.