cara memulai bisnis online shop

5 Tips dan Cara Memulai Bisnis Online Shop

Artikel ini akan membahas tentang tips dan cara memulai bisnis online shop, simak selengkapnya disini. Teknologi semakin canggih dan ini menjadi terobosan baru bagi pebisnis untuk mencari inovasi dan strategi baru dalam berbisnis.

Dan di era ini, bisnis online shop adalah sebuah bisnis yang saat ini banyak diminati oleh banyak orang. Karena, jika pebisnis menggunakan jaringan internet, produk yang dijual akan dengan cepat tersebar dan menyebar dengan luas.

Jadi produk yang dijual mempunyai kesempatan dikenal itu lebih cepat dan mudah. Karena setiap orang yang ada di dunia ini kerap menggunakan internet dan mencari barang-barang yang diinginkan di Internet.

Meskipun bisnis online shop menjadi lebih mudah daripada berbisnis biasa, tentunya ada beberapa hal yang harus diketahui. Misalnya, Anda memulai bisnis online dengan membangun website menggunakan WordPress, pastinya banyak hal yang harus dipelari.

Dalam WordPress harus mengerti SEO, keyword, dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu, pebisnis yang ingin memulai bisnis online shop memiliki banyak peluang dan platform yang bisa dimanfaatkan.

Baca Juga  7 Keuntungan Investasi Reksadana, apa saja?

Jika tidak ingin membangun website sendiri, alternatif atau solusi dari ini adalah memanfaatkan marketplace terkenal. Dan salah satu marketplace yang terkenal dan kerap digunakan sebagai tempat untuk berjualan adalah Shopee.

Sama halnya dengan membangun website menggunakan WordPress untuk berbisnis, Shopee pun banyak hal yang harus dipelajari sebelum memulai bisnis online shop. Dan berikut ini adalah tips dan cara untuk memulai bisnis online, simak berikut ulasannya.

Cara Memulai Bisnis Online Shop

Harus Memperhatikan Produk yang Akan Dijual

Dalam bisnis online, hal yang paling beresiko atau kerap menjadi masalah adalah pengiriman barang. Karena, adakalanya barang yang sudah ada terkirim dan ditangan pembeli dengan keadaan rusak.

Sehingga, rating yang diberikan pada toko jelek dan pelanggan pun tidak puas dengan layanan yang diberikan. Oleh sebab itu, sebelum mengrim barang, perhatikan barang tersebut aman atau tidak saat proses pengiriman.

Tidak hanya barang saja yang harus diperhatikan dalam proses pengiriman, namun perhatikan juga kurir yang cocok untuk produk yang dijual.

Baca Juga  Broker Forex Terbaik 2022 Rekomendasi Para Trader di Indonesia

Menentukan Platform untuk Penjualan Produk

Seperti yang dikatakan, untuk melakukan bisnis online, tentunya banyak platform yang bisa dimanfaatkan. Oleh sebab itu, segeralah tentukan platform mana yang cocok untuk menjadi sarana produk yang akan dijual nantinya.

Tidak hanya itu, saat menentukan platform untuk menjual produk, harus mengenal lebih detail platform tersebut. Setelah mengenalnya, baru bisa menyusun strategi jitu untuk mempromosikan produk-produk yang akan dijual.

Buatlah Produk Terlihat Menarik di Foto

Pastinya beberapa orang mengetahui tujuan dari memperbagus produk saat difoto, yakni agar pembeli akan tertarik dengan produk tersebut. Untuk melakukan ini, bisa cari inspirasi dan mencari contoh foto produk yang sama dan sesuai untuk menarik pembeli.

Jika bisa contohlah beberapa konsep logo yang ada di google atau platform lainnya, hal ini tidak masalah jika ditiru. Namun, tetap fokus dengan produk jangan sampai fokus ke yang lainnya.

Menawarkan Promosi dengan Reward

Setiap orang tentunya  sangat tertarik dengan potongan harga, diskon, atau promosi penjualan. Dengan menggunakan cara itu saja, banyak pembeli yang akan tertarik untuk membeli produk-produk yang dijual.

Baca Juga  6 Tips Menjadi Pengusaha Sukses Jaman Now

Selain, produk yang dijual ludes, keuntungan lainnya adalah pembeli akan mengenal brand. Yang pasti adalah, tidak sedikit orang yang akan tertarik dengan diskon dan promosi penjualan.

Menjaga Kualitas Produk

Seperti yang  diketahui, bisnis online adalah sebuah bisnis yang tidak memungkinkan pembelinya untuk melihat produk dengan jelas atau nyata. Jadi, pembeli hanya melihat produk yang dijual melalui foto produk yang di unggah oleh pihak penjualan.

Agar pembeli tidak kecewa dan memberikan rating yang jelek, jaga dan perhatikan kualitas dari produk yang dijual. Jaga kepercayaan pembeli, jika pembeli senang dengan layanan penjual, pastinya mereka akan membeli produk lain di toko yang sama.

 

Penutup

Demikianlah tips dan cara untuk memulai bisnis secara online, untuk memulai bisnis ini jangan terburu-buru, jadi pastikan dan atur strategi untuk bisnis. Terimakasih sudah membaca artikel ini, saya harap artikel ini akan menjadi solusi bagi Anda dari masalah yang dihadapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.