cara membagikan link google drive
source image : freepik.com

Cara Membagikan Link Google Drive Menggunakan Ponsel dan PC

Artikel ini akan membahas tentang cara membagikan link Google Drive menggunakan ponsel dan PC, simak selengkapnya disini. Google Drive adalah sebuah layanan penyimpanan yang dimiliki oleh Google yang bisa digunakan untuk menyimpan file atau berkas dengan online.

Sebelum kehadiran Google Drive, orang-orang menyimpan dan mengirim file menggunakan sebuah alat yang dinamakan flashdisk. Dan alat untuk menyimpan file dan mengirim file ini tentunya bukan hanya flashdisk saja, contoh lainnya adalah harddisk.

Akan tetapi, saat ini teknologi semakin canggih dan aktivitas tersebut pun bisa dilakukan secara online dengan menggunakan layanan Google Drive. Dengan membagikan link pada pengguna lainnya, pengguna lain bisa mengakses file tersebut untuk diunduh.

Cara membagikan link Google Drive pun sangat mudah, dengan mengetahui tric ini membagikan file pun tidak memerlukan waktu yang lama. Dan berikut ini adalah cara membagikan link pada Google Drive menggunakan Ponsel dan PC, simak berikut ulasannya.

Cara Membagikan Link Google Drive Menggunakan Ponsel dan PC

Sebelum mengetahui bagaimana cara membagikan link Google Drive, penting untuk mengetahui keunggulan dari layanan yang diberikan oleh Google Drive ini. Dan berikut ini adalah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh layanan Google Drive, simak berikut.

Perlu diketahui, Google Drive memang sebuah layanan yang sangat penting dan sangat membantu orang untuk menyimpan atau mengirim file. Akan tetapi masih ada beberapa orang yang bingung menggunakan layanan dari Google Drive ini.

Samal halnya dengan flashdisk atau harddsik, layanan Google Drive ini bisa menyimpan berbagai file, contohnya zip, foto, dokumen, dan video. Hanya saja, untuk mengakses layanan ini, pengguna diharuskan untuk masuk menggunakan akun Gmail, barulah pengguna bisa mengakses layanan ini.

Selain itu, fitur-fitur yang dimiliki oleh layanan Google Drive ini bisa digunakan secara gratis, selama pengguna tidak menyimpan file melebihi 15GB. Dan berikut ini adalah keunggulan dari menggunakan layanan Google Drive, simak berikut.

Keunggulan dari Layanan Google Drive

  1. Dapat mengakses file dimanapun
  2. Dapat diakses menggunakan perangkat apapun
  3. Dapat berbagi dan mengubah file
  4. Memudahkan dalam mencari file

Cara Membagikan Link Google Drive

Jika pengguna menggunakan PC atau laptop, pengguna bisa mengakses Google Drive menggunakan link berikut, drive.google.com. Dan jangan lupa untuk login terlebih dahulu menggunakan akun Gmail masing-masing, jika pengguna mengaksesnya dengan ponsel memiliki cara yang berbeda.

Pengguna bisa mengunduh aplikasi Google Drigve di PlayStore, akan tetapi ada beberapa ponsel yang sudah ter-install di ponsel. Jadi alangkah lebih baik carilah aplikasi Google Drive terlebih dahulu sebelum mengunduhnya di PlayStore.

Cara Membagikan Link dengan Google Drive via Laptop atau PC

  • Carilah file yang akan dibagikan
  • Kemudian, klik file tersebut
  • Tekan tombol “Bagikan”. Jika pengguna ingin membagikan file lebih dari satu, pengguna bisa menekan tombol “shift” dan klik “Bagikan”
  • Kemudian, pilihlah akun yang dapat mengakses link tersebut nantinya dan atur hak aksesnya
  • Ketikan alamat email akun yang akan dipilih dengan memasukkan ke kolom email yang sudah tersedia dan pilih level hak akses dari akun tersebut
  • Jika sudah selesai, tekan tombol “Kirim”

Cara Membagikan File Google Drive menggunakan Ponsel

  • Cari dan pilihlah file yang akan dibagikan di Google Drive
  • Kemudian, tekan titik tiga di file tersebut dan tekan tombol “Bagikan”
  • Selanjutnya, isilah alamat email yang akan dibagikan file tersebut dan tentukan level hak akses yang dimiliki oleh alamat email yang dikirim. Apakah hanya melihat saja, memberi komentar, atau termasuk editor.
  • Jika sudah selesai, tekan tombol “Kirim” yang ada disebelah pojok kanan bawah, file pun sudah berhasil terkirim pada email yang dituju

 

Kesimpulan

Pada dasarnya, cara membagikan file pada laptop/PC dan ponsel menggunakan Google Drive hampir mirip dan mudah untuk dilakukan. Hanya saja, perangkat yang digunakan oleh pengguna berbeda, dimana jika menggunakan ponsel diharuskan untuk mengunduh aplikasi terlebih dahulu, sedangkan laptop hanya perlu mengakses link.

Inti dari cara membagikan filenya adalah carilah file yang akan dibagikan, ketikan alamat email akun dan atur level hak aksesnya dan kirim file tersebut. Terimakasih sudah membaca artikel ini, saya harap artikel ini bisa membantu Anda dalam mengirim file menggunakan Google Drive.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *