Madakaripura Air Terjun Terindah di Jawa Timur

Madakaripura: Air Terjun Terindah di Jawa Timur

Madakaripura: Air Terjun Terindah di Jawa Timur – Madakaripura, sebuah air terjun yang terletak di daerah Probolinggo, Jawa Timur, menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat populer di Indonesia. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 200 meter dan terletak di tengah-tengah gunung yang memiliki pemandangan alam yang sangat indah.Madakaripura dikenal sebagai air terjun tertinggi di pulau Jawa dan menjadi salah satu tempat favorit bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam Indonesia. Air terjun ini terkenal dengan keindahan alamnya yang sangat mempesona.

Cerita Legenda Madakaripura

Menurut legenda lokal, Madakaripura adalah tempat persembunyian Patih Gajah Mada pada masa kerajaan Majapahit. Patih Gajah Mada diyakini bersembunyi di gua di samping air terjun ini. Oleh karena itu, air terjun ini dinamakan Madakaripura, yang berarti “tempat persembunyian Gajah Mada”.

Rute Menuju Madakaripura

Untuk menuju ke Madakaripura, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat mengikuti rute dari Surabaya ke Probolinggo. Setelah sampai di Probolinggo, Anda bisa menuju ke Desa Sapih, yang berjarak sekitar 20 km dari pusat kota Probolinggo.Setelah sampai di Desa Sapih, Anda bisa menggunakan ojek atau jalan kaki ke lokasi air terjun. Perjalanan dari Desa Sapih ke lokasi air terjun memakan waktu sekitar 30-45 menit.

Fasilitas di Madakaripura

Meskipun Madakaripura terletak di tengah-tengah pegunungan, lokasi air terjun ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap untuk para pengunjung. Di lokasi air terjun, Anda dapat menemukan toilet, tempat parkir, warung makan, dan area untuk beristirahat.Namun, Anda harus membawa pakaian ganti dan alas kaki yang nyaman karena Anda akan melewati sungai dan jalan setapak yang licin.

Mengunjungi Madakaripura

Bagi para pengunjung yang ingin mengunjungi Madakaripura, disarankan untuk datang pada pagi hari. Dalam kondisi cuaca yang cerah, Anda dapat menikmati keindahan air terjun dan panorama alam di sekitar air terjun dengan lebih baik.Saat Anda tiba di lokasi air terjun, ada tiket masuk yang harus dibayar sebesar Rp 20.000 per orang. Pengunjung juga harus membayar biaya parkir sekitar Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Menikmati Keindahan Madakaripura

Setelah membayar tiket masuk dan melewati gerbang masuk, Anda akan mulai melewati jalan setapak yang menantang. Selama perjalanan menuju air terjun, Anda akan melewati beberapa gua dan sungai yang mempesona. Saat Anda sampai di air terjun, Anda akan disambut dengan pemandangan air terjun yang memukau. Jika cuaca cerah, Anda dapat melihat pelangi di sekitar air terjun. Anda juga dapat berenang di kolam yang ada di bawah air terjun.

Menikmati Keindahan Malam di Madakaripura

Madakaripura tidak hanya menawarkan keindahan alam yang memukau pada siang hari, tetapi juga pada malam hari. Jika Anda ingin menikmati keindahan Malam di Madakaripura, Anda dapat berkemah di sekitar lokasi air terjun. Saat malam tiba, Anda akan disambut dengan langit yang indah dan bintang-bintang yang bersinar terang. Anda dapat menyalakan api unggun dan menikmati keindahan alam yang mempesona.

Keselamatan di Madakaripura

Meskipun Madakaripura menawarkan keindahan alam yang luar biasa, tapi pengunjung harus selalu berhati-hati. Jalan setapak yang licin dan bebatuan yang tajam dapat membuat perjalanan Anda menjadi berbahaya. Jangan lupa untuk membawa peralatan keselamatan seperti sepatu yang nyaman, pakaian ganti, dan perlengkapan selam. Jangan memanjat tebing atau menyelam di kolam air terjun yang dalam tanpa pengawasan.

Keunikan Madakaripura

Madakaripura memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan air terjun lainnya di Indonesia. Salah satu keunikan Madakaripura adalah adanya gua di sekitar lokasi air terjun. Anda dapat menjelajahi gua-gua tersebut dan menemukan keunikan alam yang menakjubkan. Selain itu, Madakaripura juga memiliki air yang jernih dan segar karena air terjun ini memiliki sumber air dari pegunungan Bromo.

Rekomendasi Wisata Lain di Sekitar Madakaripura

Jika Anda ingin menghabiskan waktu lebih lama di Probolinggo, Anda dapat mengunjungi beberapa tempat wisata lain di sekitar Madakaripura. Beberapa tempat wisata yang bisa Anda kunjungi antara lain:

1. Gunung Bromo

2. Taman Nasional Baluran

3. Pantai Banyuwangi

4. Kawah Ijen

Kesimpulan

Madakaripura adalah salah satu destinasi wisata yang harus dikunjungi jika Anda ingin menikmati keindahan alam Indonesia. Air terjun ini menawarkan pemandangan alam yang luar biasa dan memiliki keunikan yang berbeda dengan air terjun lainnya di Indonesia. Namun, seperti tempat wisata lainnya, Anda harus selalu berhati-hati dan membawa peralatan keselamatan yang cukup. Jangan lupa untuk mengunjungi tempat-tempat wisata lain di sekitar air terjun terindah ini untuk mengisi waktu liburan Anda.

Semoga artikel tentang Madakaripura: Air Terjun Terindah di Jawa Timur ini bermanfaat.