Watupurbo Sejarah, Keunikan, dan Pesona Wisata

Watupurbo: Sejarah, Keunikan, dan Pesona Wisata

Sejarah Watupurbo

Watupurbo adalah sebuah desa yang terletak di Kecamatan Kepoh Baru, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung. Desa ini memiliki sejarah yang panjang dan menarik, terutama dalam hal perjuangan melawan penjajahan Belanda.

Pada awalnya, desa ini bernama Way Galih. Namun, pada masa penjajahan Belanda, desa ini menjadi basis perjuangan rakyat Lampung melawan penjajah. Oleh karena itu, nama Way Galih diubah menjadi Watupurbo yang artinya “batu perlawanan”.

Banyak cerita heroik terkait perjuangan rakyat Lampung di desa ini. Salah satunya adalah saat ratusan pejuang Lampung berhasil mengalahkan pasukan Belanda yang berjumlah ribuan pada tahun 1949. Kemenangan ini membuat Watupurbo menjadi simbol perjuangan rakyat Lampung dalam melawan penjajah.

Keunikan Watupurbo

Desa ini memiliki banyak keunikan yang membuatnya menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah adanya batu-batu besar yang tersebar di sekitar desa. Batu-batu ini konon digunakan oleh para pejuang Lampung sebagai tempat berlindung dan bertahan saat melawan pasukan Belanda.

Selain itu, desa ini juga memiliki keunikan dalam hal budaya dan tradisi. Desa ini masih mempertahankan adat-istiadat Lampung yang kental, seperti upacara adat saat menjelang panen raya dan pernikahan adat Lampung yang meriah.

Pesona Wisata Watupurbo

Desa ini juga memiliki pesona wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Watupurbo yang memiliki pasir putih dan air laut yang jernih. Pantai ini juga cocok untuk bermain air dan bersantai dengan keluarga atau teman.

Selain itu, desa ini juga memiliki wisata alam yang indah, seperti hutan pinus dan air terjun. Hutan pinus ini memiliki pemandangan yang menakjubkan dan cocok untuk bersantai sambil menikmati udara segar. Sementara itu, air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan sangat cocok untuk dijadikan tempat berfoto atau sekedar menikmati alam.

Kesimpulan

Watupurbo adalah desa yang memiliki sejarah, keunikan, dan pesona wisata yang menarik untuk dikunjungi. Dengan adanya batu-batu besar, Pantai Watupurbo, hutan pinus, dan air terjun, desa ini menjadi tempat yang cocok untuk berlibur atau sekedar melepas penat dari kesibukan sehari-hari. Jangan lupa untuk merasakan budaya dan tradisi Lampung yang kental disana. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah wawasan dan menginspirasi liburan Anda selanjutnya!

Semoga bermanfaat.