cara mendapatkan uang dari YouTube
Source Image : freepik.com

5 Cara Mendapatkan Uang dari YouTube dengan Mudah

Cara mendapatkan uang dari YouTube adalah hal yang populer saat ini, dimana banyak orang yang berlomba-lomba untuk memperoleh cuan dengan mengunggah video ke YouTube. Karena, seperti yang diketahui, zaman sudah banyak berubah dan cara mendapatkan uang pun menjadi lebih dengan internet.

Orang-orang yang mengunggah video ke YouTube dan tahu bagaimana cara mendapatkan uang dari YouTube biasa disebut dengan YouTuber. Meskipun hal ini terbilang mudah untuk dilakukan, akan tetapi tidak semudah itu untuk memperoleh cuan dari YouTube.

Dimana, seorang YouTuber harus membuat chanel YouTube terlebih dahulu, itu adalah salah satu syarat pertama dalam cara mendapatkan uang dari YouTube. Dan setelah memiliki akun, buatlah konten atau video yang menarik agar memperoleh banyak penonton dan subscriber.

Dalam cara mendapatkan uang dari YouTube, video yang diunggah tidak boleh sembarangan, buatlah video sekreatif mungkin untuk meningkatkan penonton dan subscriber. Dan berikut ini adalah langkah-langkah dalam memperoleh uang dari YouTube dengan mudah, simak selengkapnya disini.

5 Cara Mendapatkan Uang dari YouTube dengan Mudah

Harus Memperoleh AdSense

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah chanel YouTube harus mendapatkan AdSense atau iklan, dimana pengguna bisa mendapatkannya dengan cara membayar melalui AdSense. Perlu diketahui, dalam pembayaran AdSense syarat pertamanya adalah pemilik akun harus berusia minimal 18 tahun atau juga bisa diwakilkan.

Setelah melakukan pembayaran melalui AdSense, nantinya akan ada sebuah fitur YouTube Analytic yang biasanya digunakan untuk track penghasilan yang didapat. Dan YouTube Analytic ini bisa digunakan jika pengguna melengkapi atau mengikuti YouTube payment treshold.

Monetisasi Chanel YouTube

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah monetisasi Chanel YouTube, cara untuk memonetisasi Chanel YouTube tidak rumit dan mudah untuk dilakukan. Dan berikut ini adalah cara untuk memonetisasi Chanel YouTube dengan cara yang mudah, simak berikut.

  1. Login akun YouTube
  2. Pilih menu “account information” yang ada disebelah kanan atas
  3. dan, klik “creator studio”
  4. Pilih chanel dan ketuk “Status and features”
  5. Terakhir, pilih “Enable Monetisation” dan setujui yang ada

Mengoptimasi Fungsi Monetisasi

Cara ke-3 yang bisa Anda lakukan adalah mengoptimasi fungsi monetisasi, yang pasti akun YouTube tentunya harus dioptimalkan. Dan untuk mengoptimalkannya, ada beberapa kriteria yang harus diketahui, dan berikut ini adalah beberapa kriteria untuk mengoptimalkan akun YouTube, simak berikut.

  1. Video yang dibuat harus user-friendly
  2. Video atau konten yang dibuat harus karya sendiri tidak mengambil ide orang lain agar bisa dipromosikan
  3. Jangan melakukan plagiasi video, karena hal ini tidak akan menghasilkan apapun
  4. Sebelum membuat video, penting untuk memahami Terms of Service dan Community Guidelines yang sudah dibuat sebelumnya oleh YouTube
  5. Jika fungsi monetasi diaktifkan, nantinya ada beberapa iklan yang muncul di video berikutnya

Perhatikan Video yang Dibuat

cara ke-4 yang bisa Anda lakukan adalah memperhatikan video yang dibuat, seperti yang sudah dikatakan tadi dalam membuat video tidak boleh sembarangan. Dari proses pembuatan video seperti konsep, editing, hingga saat mengunggahnya pun harus dilakukan dengan maksimal.

Bayangkan saja jika tidak mengerjakannya dengan maksimal, yang pasti video yang dibuat akan sia-sia dan tidak menghasilkan apapun. Karena, tujuan dari pembuatan video yang maksimal agar video mendapatkan impresi dari para penonton dan tentunya berkesempatan untuk menambah subscriber.

Konsisten

cara yang terakhir yang bisa Anda lakukan adalah konsisten dalam mengunggah video, sama halnya dengan seorang pebisnis, sebagai YouTuber harus konsisten dalam menggunggah video pada Chanel. Jangan pernah putus asa tetap semangat dan sabar.

Dan jangan lupa untuk mengembangkan chanel dengan mempelajari hal-hal yang akan membuat chanel menjadi lebih berkembang agar bisa mendapatkan cuan dan memiliki subscriber yang banyak. Pastinya hal ini akan membutuhkan waktu, akan tetapi hal tersebut sebanding dengan kerja keras yang dilakukan.

 

Penutup

Jadi, kunci dari untuk mendapatkan uang di YouTube adalah konsisten dan sabar, nikmati proses tersebut dan kembangkan chanel seiring waktu berjalan. Agar nantinya apa yang menjadi tujuan Anda akan terkabul dan yang pasti Anda akan merasa puas.

Itulah langkah-langkah dalam mendapatkan uang menggunakan YouTube, bagaimana? susah-susah gampang, bukan? dan terimakasih sudah membaca artikel ini, saya harap tips yang dibagikan bisa mudah dipahami dan mebantu Anda dalam mendapatkan cuan.