cara membuat link wa
Source Image : istimewa

Mudah Banget! 4 Cara Membuat Link WA Menuju Chat Langsung

Cara membuat link Wa menuju chat langsung adalah hal yang kerap dicari oleh pebisnis online, karena hal ini memang penting. Mengapa sangat penting? Karena konsumen bisa memesan dengan cara menakan link tersebut, dan konsumen akan beralih ke Whatsapp pebisnis online.

Bagi beberapa pebisnis online yang berkecipung di dunia Instagram, pastinya banyak yang mengetahui bagaimana cara membuat link WA. Dan biasanya, link WA tersebut diletakkan di bio akun, agar saat konsumen atau orang yang mengunjungi akun dan tertarik dengan salah satu produk bisa langsung memesan lewat link Whatsapp tersebut.

Selain membuat konsumen dengan mudah untuk memesan produk yang akan dibeli, cara membuat link WA ini memungkinkan konsumen tidak menyimpan nomor. Bayangkan saja jika ingin memesan diharuskan untuk menyimpan nomor penjual terlebih dahulu, itu pasti membutuhkan waktu.

Akan tetapi, jika pebisnis online tersebut mengetahui cara membuat link WA, konsumen tidak usah menyimpan nomor dan langsung bisa chat. Dan berikut ini adalah cara untuk membuat link Whatsapp menuju chat langsung dengan mudah, simak berikut ulasannya.

4 Cara Membuat Link WA Menuju Chat Langsung

Membuat Link dengan Manual

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuatnya secara manual, dan caranyapun cukup mudah dengan memasukkan nomor telepon ke shortlink Whatsapp. Perlu diketahui, nomor Whatsapp yang harus dicatat adalah nomor telepon internasional, contohnya untuk Indonesia menggunakan “62” sebagai ganti dari angka “0”.

Tidak hanya itu, saat menulis nomor telepon jangan sampai menggunakan spasi atau tanda strip “-“, karena jika menggunakannya nomor tidak akan terbaca oleh server api Whatsapp. Contohnya nomor telepon Anda adalah 087850698789, kemudian rubahlah nomor telepon menjadi 6287850698789 dan link-nya akan seperti ini.

https://api.whatsapp.com/send?phone=6287850698789

https://wa.me/6287850698789

Menggunakan Whatsapp Bitly

Cara kedua yang bisa Anda lakukan adalah membuat link menggunakan Whatsapp Bitly, dimana cara membuatnya menggunakan shortener link. Shortener link adalah sebuah fitur yang membuat link URL menjadi pendek, sehingga link menjadi mudah diingat oleh pengguna.

Sebenarnya, jenis shortener link itu banyak, akan tetapi orang-orang kerap menggunakan bitly karena caranya mudah. Dan berikut ini adalah cara untuk menggunakan shortener link, simak berikut langkah-langkahnya.

  1. Bukalah situs Bitly dengan menggunakan Google
  2. Setelah itu, masukkan link Whatsapp ke kolom yang sudah disediakan
  3. Selanjutnya, klik tombol “shorten”
  4. dan hasilnya akan ditampilkan di bawah kolom, Anda bisa meng-copy link tersebut

Jika berminat untuk mendapatkan link shorten custom dan sesuai dengan keinginan, pengguna harus mendaftar terlebih dahulu. Dan selanjutnya, akan menggunakan CTA Whatspp apa yang akan dimasukkan nantinya, akan tetapi pastikan terlebih dahulu kata-katanya masih belum ada yang menggunakannya.

Membuat Link dengan Tulisan

Cara ketiga yang bisa Anda lakukan adalah membuat Link Whatsappdengan tulisan, untuk membuat linknya bisa menggunakan wa.me. Dan di link tersebut nantinya akan ada sebuah pesan yang bisa di custom sendiri, contoh “Halo, salam kenal”.

Perlu diketahui, pesan atau informasi tersebut akan muncul saat link ditekan oleh konsumen, nantinya informasi atau pesan tersebut akan muncul di kolom yang sudah disediakan. Dan berikut ini adalah contoh untuk penulisannya, https://wa.me/6287850698789?text=Halo,%20salam%20kenal.

Membuat Link dengan situs wa.link

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah membuat link menggunakan situs wa.link, jika Anda merasa tips-tips diatas sulit, Anda bisa menggunakan cara ini. Dengan menggunakan situs ini, link Whatsapp akan dibuat secara otomatis, dan berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  1. Bukalah situs wa.link dengan URL seperti berikut https://create.wa.link/
  2. Masukkan nomor telepon ke kolom yang sudah disediakan dan jangan lupa nomor telepon harus sesuai dengan kode negara Indonesia
  3. Jika tertarik untuk menambahkan pesan pada kolom “add a custom message that users will send to you”
  4. Selanjutnya, tekan tombol “Preview” untuk melihat pesan yang sudah dicantumkan
  5. JIka sudah selesai, tekanlah tombol “Generate my wa.link” untuk mendapatkan link Whatsapp yang sudah dibuat
  6. Salin link tersebut dan bagikan pada pengguna lainnya

 

Penutup

Itulah beberapa cara untuk membuat URL Whatsapp agar konsumen bisa langsung chat ke nomor Anda, caranya mudah bukan? Jika cara-cara yang disajikan agak sulit, akan lebih baik jika menggunakan cara yang terakhir karena lebih mudah, dan terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.