cara membatalkan pesanan di tiktok
Source Image : unsplash.com

Mudah Banget! 2 Cara Membatalkan Pesanan di TikTok Shop

Cara membatalkan pesanan di TikTok Shop adalah hal yang harus diketahui oleh banyak orang, karena seringkali orang melakukan kesalahan. jadi tidak bisa dipungkiri jika banyak pengguna dari TikTok yang mencari bagaimana cara pembatalan pesanan di TikTok sebelum dan sesudah membayar.

TikTok Shop adalah sebuah marketplace yang dimiliki oleh TikTok dan dapat digunakan oleh para pengguna TikTok. untuk tips penggunaan dan cara membatalkan pesanan di TikTok Shop pun mudah untuk dilakukan, jadi jangan khawatir untuk penggunaannya, karena tidak sulit.

Sperti yang dikatakan sebelumnya, cara membatalkan pesanan di TikTok memang sangat penting untuk diketahui, karena tidak menutup kemungkinan jika seorang pengguna memiliki kesalahan dalam bertransaksi. Dan hal yang bisa dijadikan contoh kesalahan transaksi adalah salah memasukkan barang yang akan dibeli.

Kasus tersebut tentunya bukan hanya bisa terjadi di Shopee atau Tokopedia, di TikTok Shop pastinya pengguna akan melakukan kesalahan tersebut. Dan perlu diketahui, pengguna bisa saja dengan mudah mengikuti cara membatalkan pesanan di TikTok sesuai dengan situasi penjualnya, simak berikut ulasannya.

2 Cara Membatalkan Pesanan di TikTok Shop

Cara Batalin Pesanan di TikTok Sebelum Bayar

Cara pertama yang bisa Anda gunakan untuk membatalkan transaksi di TikTok Shop, yakni saat sebelum membayar transaksi. Dan berikut ini adalah langkah-langkah untuk batalin transaksi di TikTok Shop sebelum membayar, simak berikut.

  1. Bukalah aplikasi TikTok yang ada di HP kesayangan Anda
  2. Ketuk menu “Profile”
  3. kemudian ketuk juga icon tiga garis yang ada di atas pojok kanan
  4. Selanjutnya, tekan menu “Settings and Privacy”
  5. dan pilihlah produk di tab all
  6. tekan “Cancel” pada menu waiting payment
  7. Masukkan alasan mengapa membatalkan pesanan di kolom yang sudah disediakan
  8. Jika sudah menulis alasannya, tekan tombol “Submit”
  9. Tunggu hingga notifikasi membatalkan pesanan muncul

Cara Batalin Pesanan di TikTok Setelah Membayar

Cara kedua yang bisa Anda lakukan adalah setelah membayarnya, jadi di aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membatalkan pesanan sesaat setelah bayar. Akan tetapi, pengguna harus berkomunikasi terlebih dahulu dengan seller.

Karena, aplikasi ini tidak memiliki fitur khusus untuk membatalkan pesanan yang sudah dibayar, itu memang hal yang sangat disayangkan. Karena, jika ada fitur tersebut, pengguna pun akan semakin mudah untuk melakukan pemabatalan pesanan setelah membayar.

Jika pengguna sudah berkomunikasi dengan seller tentang pembatalan pesanannya, seller pun harus mendapatkan konfirmasi dari pihak TikTok dan mengatakan alasan yang jelas. Jadi pihak seller harus menyampaikan alasan yang sangat jelas, mengapa produk yang dijual dibatalkan oleh pembeli.

Cara Batalin Pesanan di TikTok

Ini adalah cara terakhir yang bisa Anda gunakan untuk pembatalan pemesanan di TIkTok Shop, dan pastinya cara ini mudah untuk diterapkan, simak berikut langkah-langkahnya.

  1. Bukalah aplikasi TikTok di ponsel Anda
  2. Pilih menu “Tas” dengan ikon tas belanja di sebelah menu beranda
  3. Selanjutnya, tekan tombol “Order” atau “Pesanan” di halaman Shopping Center
  4. Pilih produk yang sudah Anda beli
  5. Pada bagian bawah pilihlah tombol “Cancel Order”
  6. dan jangan lupa untuk memasukkan alasan mengapa tidak jadi menbelinya ke kolom yang sudah disediakan
  7. Jika sudah memasukkan alasannya, tekan tombol “Submit”
  8. dan Anda akan mendapatkan notifikasi pesanan sudah berhasil dibatalkan

 

Penutup

itulah tiga cara yang bisa Anda lakukan jika ingin membatalkan pemesanan di TikTok Shop, mudah bukan? Seperti yang dikatakan sebelumnya, untuk cara pembatalan pemesanan bukanlah hal yang sulit dilakukan, dan terimakasih sudah membaca artikel ini, saya harap artikel ini bermanfaat untuk Anda.