Kebun Teh Kemuning

Kebun Teh Kemuning Tempat Tenang dan Senang

Kota Karanganyar terkenal dengan berbagai dataran tinggi yang dipenuhi perkebunan. Mulai dari kebun apel, kebun kopi, kebun teh, dan berbagai kebun lainnya. Tidak jauh dari kota Solo, terdapat sebuah perkebunan yang bernama Kebun Teh Kemuning, di mana kebun ini tidak sedikit yang berkunjung untuk menikmati suasana perkebunan. Pasalnya, kebun ini memiliki keunikan tersendiri sebagai daya tariknya.

Kota Karanganyar terkenal sebagai salah satu kota di Jawa Tengah yang memiliki banyak puncak. Mungkin ketika di Jawa Barat, Bogor adalah kota puncaknya, namun untuk Jawa Tengah, Karanganyar lah kota puncaknya.

Anda akan menyaksikan hamparan perkebunan yang hijau dengan pemandangan ribuan teh di sekitar. Bahkan perkebunan tersebut telah menyediakan berbagai fasilitas, wahana, dan spot foto untuk menunjang liburan para pengunjung.

Rute, Lokasi, dan Alamat Kebun Teh Kemuning

Lokasi alamat Kebun Teh Kemuning terletak di Jalan Sumbersari, Kemuning, Ngargoyoso, kota Karanganyar, Jawa Tengah. Untuk menuju ke lokasi kebun, jaraknya sekitar 60 km dari pusat kota Karanganyar. Sehingga cukup memakan waktu sekitar 1 jam jika Anda mengendari motor atau mobil.

Untuk Anda yang membawa motor atau mobil, Anda bisa memarkir kendaraan Anda ke tempat parkir yang sudah tersedia di area perkebunan. Karena di sana terdapat penyewaan kendaraan jeep untuk menemani Anda saat menikmati pesona perkebunan.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Budget yang perlu disediakan untuk berlibur ke Kebun Teh Kemuning, berkisar mulai dari Rp 90.000,- hingga Rp 700.000,-. Budget tersebut tergantung dari fasilitas dan wahana yang Anda gunakan saat berada di kebun tersebut.

Berbagai fasilitas dan wahana telah disediakan di kebun ini. Di mana Anda bisa memiliki berbagai wahana yang bisa Anda coba selama berada di kebun teh ini. Berikut ini adalah rincian kisaran harga setiap fasilitas dan wahana, yang mana terangkup dalam harga per paket.

  • Paket Ceria 1 : Rp 90.000,-
  • Paket Ceria 2 : Rp 135.000,-
  • Paket Ceria 3 : Rp 145.000,-
  • Paket Ceria 4 : Rp 175.000,-
  • Jeep Short untuk 4 orang : Rp 350.000,-
  • Jeep Medium untuk 4 orang : Rp 450.000,-
  • Jeep Medium 2 untuk 4 orang : Rp 500.000,-
  • Jeep Long 1 untuk 3 orang : Rp 600.000,-
  • Jeep Long 2 untuk 3 orang : Rp 700.000,-

Sedangkan untuk masuk ke area perkebunan sama sekali tidak ada harga tiket masuk alias gratis. Jadi, jika Anda merasa gabut mode on, coba deh berlibur ke perkebunan di kota Karanganyar ini.

Jam Buka

Anda bisa mengunjungi kebun ini setiap hari buka mulai dari Pukul 08.00 sampai 18.00 WIB. Jadi, bisa dikatakan destinasi wisata perkebunan ini buka seharian dari pagi hingga petang. Kebanyakan pengunjung asing dan luar kota memilih untuk bermalam di area perkebunan atau di penginapan dekat perkebunan. Hal ini dikarenakan kebanyakan dari mereka masih ingin menikmati pemandangan perkebunan di malam hari.

Ketika Anda berkunjung di malam hari, tidak perlu khawatir karena di malam hari terdapat penawasan khusus dari biro wisata sebagai fasilitator perkebunan.

Daya Tarik Kebun Teh Kemuning

Berhektar-hektar hamparan teh di atas permukaan tanah dengan warna hijau memanjakan mata. Kebun ini memiliki ketinggian 800 hingga 1540 Mdpl. Sehingga dataran tinggi ini memiliki suhu udara yang sejuk. Tidak terlalu panas, juga tidak terlalu dingin. Bahkan ketika di siang hari, suhu udara di sini hanya mencapai maksimal 21.5 derajat Celcius. Jadi, sebaiknya Anda membawa jaket agar Anda tidak kedinginan saat berlibur ke Kebun Teh Kemuning.

Anda akan melihat pesona alam yang hijau seraya lantai yang berwarna hijau. Semilir angin juga mewarnai sejuknya udara hingga menggoyangkan dedaunan teh yang mampu memanjakan mata Anda. Ada beberapa pohon teh yang menjulang tinggi sebagai warna kehidupan di perkebunan.

Hal yang menarik di kebun ini, terdapat beberapa pohon teh yang menjulang tinggi hingga 3 meter. Di mana pohon teh ini mampu meneduhkan perkebunan di kala sinar matahari yang menyengat di siang hari.

Angin sepoi-sepoi akan membawa Anda ke suasana yang tenang, setelah melewati hiruk pikuknya kota metropolitan. Tersemat juga langit biru yang membentang luas di atasnya dan awan putih yang menghiasi langit, tampak indah dipandangnya. Tentu suasana tenang tersebut mampu menenangkan pikiran dan hati Anda.

Bisa dikatakan kebun ini merupakan salah satu rekomendasi terbaik untuk liburan dan menenangkan pikiran. Mulai dari kaula muda hingga keluarga.

Meskipun jam buka Kebun Teh Kemuning, dimulai dari jam 8 pagi, namun ada juga beberapa pengunjung yang sudah datang di dini hari pukul 4.30 pagi hanya untuk menyaksikan sunrise dari ufuk Timur. Karena di area perkebunan ini, sayang sekali jika tidak menyaksikan indahnya matahari terbit, apalagi saat berada di puncak.