cara menonaktifkan keyboard laptop
source image : pexels..com

Gampang Banget! 4 Cara Menonaktifkan Keyboard Laptop

Artikel ini akan membahas tentang cara menonaktifkan keyboard laptop dengan mudah, simak selengkapnya disini. Menggunakan perangkat keras inputan internal itu sangat menganggu saat pengguna menggunakan perangkat keras inputan eksternal.

Karena, jika pengguna menggunakan perangkat keras eksternal inputan dan meletakkannya diatas perangkat keras inputan internal akan membuatnya tertindih dan menekan salah satu tombol secara tidak sengaja. Tentunya hal tersebut tidak diinginkan oleh pengguna laptop.

Sehingga banyak pengguna laptop yang bertanya-tanya dan mencari bagaiaman cara menonaktifkan keyboard laptop. Karena mereka penasaran, apakah benar perangkat keras inputan internal pada laptop bisa di nonaktifkan atau dimatikan?

Tentunya perangkat keras inputan tersebut dapat dinonaktifkan, dan yang pasti caranya sangat mudah untuk diterapkan. Jadi pengguna pun tidak usah bersusah payah dalam menonaktifkan perangkat keras inputan internal, dan berikut ini adalah beberapa cara yang bisa diterapkan untuk mematikannya, simak berikut ulasannya.

Gampang Banget! 4 Cara Menonaktifkan Keyboard Laptop

Pada dasarnya, menggunakan perangkat keras inputan adalah salah satu komponen yang terpenting pada laptop ataupun PC. Meskipun begitu, perangkat keras inputan bawaan dari laptop memang kurang nyaman untuk digunakan, jadi tidak heran jika pengguna laptop ingin menggunakan perangkat keras lainnya.

Mematikan Keyboard dengan Shortcut Tombol

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mematikan perangkat keras inputan laptop adalah dengan menggunakan shortcut tombol pada perangkat keras inputan laptop. Dan shortcut yang digunakan untuk mematikannya adalah “Function Keys” dan biasanya terletak pada tombol F11 dan F12.

Dan perlu diketahui, tombol ini biasanya memiliki logo gembok atau kunci, cara menggunakan tombol shortcut ini mudah. Pengguna hanya perlu mengkombinasikan shortcut tombol antara “Function Keys” atau “Fn” dengan tombol keyboard lock, akan tetapi tidak semua jenis laptop memiliki cara yang sama.

Menggunakan Device Manager

Cara kedua yang dapat dilakukan untuk mematikan perangakt keras inputan laptop adalah menggunakan device manager. Metode yang satu ini tentunya berbeda dengan metode yang pertama, dimana metode yang satu ini menggunakan fungsi driver perangkat keras inputan.

Dengan menggunakan fungsi driver dari perangkat keras inputan tersebut akan memperbaharui driver dengan manual dan memasang driver ke perangkat yang tidak kompatibel. Sehingga hal ini membuat perangkat keras inputan tidak akan terdeteksi, dan berikut ini adalah langkah-langkah dalam menerapkannya.

  • Tekan tombol shortcut Windows + R
  • ketikkan devmgmt.msc di bagian “Open”
  • Masuklah ke halaman “Device Manager” dan pilih opsi “Keyboard”
  • Pilihlah opsi “Standard PS/2 Keyboard”, kemudian klik kanan mouse dan pilih “Update Driver”
  • Selanjutnya, pilih opsi menu “Browse My Computer for Drivers”
  • Pilih opsi menu”Let me pick form a list of available drivers on my computer” untuk memilih driver
  • Hapuslah centang yang ada pada “Show Complatible Hardware”
  • Kemudian, pilihlah driver yang sudah tersedia pada daftar, jangan memilih driver yang tidak kompatibel di laptop
  • Tekan “Next” jika ada jendela konfirmasi muncul, tekan “Yes”

Menggunakan Group Policy Editor

Cara ketiga yang dapat dilakukan untuk mematikan perangkat keras inputan pada laptop adalah dengan menggunakan Group Policy Editor. Akan tetapi perlu diketahui, metode yang satu ini adalah mematikan perangkat keras inputan secara permanan.

Jika tidak ingin mematikan perangkat keras inputan secara permanan, alangkah lebih baik untuk tidak menerapkan cara ini. Jadi dengan menggunakan fitur tersebut membuat laptop tidak akan menginstall ulang driver secara otomatis sehingga perangkat keras inputan mati, berikut langkah-langkahnya.

  • Tekanlah tombol shortcut Windows + R
  • kemudian ketikkan gpedit.msc pada kolom yang sudah disediakan dan tekan “Enter”
  • Tekan menu “Computer Configuration” dan pilih opsi “Administrative Template” lalu ke System
  • Carilah “Prevent installation of devices not described by other policy settings”
  • Klik dua kali untuk membuka pengaturan
  • Selanjutnya, ubahlah opsi “Enabled”
  • Tekan “Apply” dan pilih OK
  • Ulangilah cara tersebut untuk mematikan keyboard dengan device manager

Menginstall Software Pihak Ketiga

Cara terakhir adalah dengan menginstall aplikasi bantuan, dimana metode yang terakhir ini sangat efektif jika ingin lebih mudah. Aplikasi yang digunakan pun beragam untuk mematikan perangkat keras inpytan, seperti KeyFreeze, Kidkeylock, Keyboard and Mouse Cleaner, dan masih banyak lagi.

 

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa diterapkan untuk mematikan perangkat keras inputan pada laptop, pilihlah cara yang menurut Anda paling mudah diterapkan. Jadi selain menggunakan fitur-firur pada laptop untuk mematikan keyboard, cara terakhir untuk mematikannya dengan memanfaatkan aplikasi bantuan.

Dan perlu diketahui, aplikasi bantuan untuk mematikan keyboard sangat banyak dan beragam, sehingga Anda pun bisa memilihnya. Terimakasih sudah membaca artikel ini, saya harap beberapa cara yang