Wisata Pantai Krakal Jogja

Pantai Krakal Jogja: Surga Pantai yang Tersembunyi di Daerah Gunungkidul

Jogja tidak hanya terkenal dengan budayanya yang kaya, tetapi juga keindahan alamnya yang memukau. Salah satunya adalah pantai Krakal, yang terletak di daerah Gunungkidul, Yogyakarta. Meskipun terletak di daerah yang agak terpencil, pantai ini menyimpan keindahan yang luar biasa. Tak heran jika pantai Krakal semakin populer di kalangan wisatawan domestik dan mancanegara.

Pantai Krakal dikelilingi oleh perbukitan karst yang menjulang tinggi dan menjadikan pantai ini memiliki panorama yang sangat indah. Sama seperti Pantai Klayar, pantai ini memiliki pasir putih yang halus dan air laut yang jernih dan berwarna biru kehijauan. Salah satu daya tarik utama pantai Krakal adalah karang-karangnya yang tersebar di sepanjang pantai. Karang-karang yang berwarna cerah ini membuat Pantai Krakal sangat cocok untuk snorkeling dan diving.

Tidak hanya itu, pantai Krakal juga memiliki ombak yang cukup besar sehingga sangat cocok untuk olahraga surfing. Tak heran jika pantai Krakal sering menjadi tujuan para peselancar dari berbagai penjuru dunia. Selain itu, pantai Krakal juga memiliki tempat penyewaan peralatan selam, snorkeling, dan surfing. Jadi, bagi Anda yang belum memiliki peralatan, Anda masih dapat menikmati keindahan pantai Krakal.

Selain keindahan alamnya yang memukau, pantai Krakal juga menyimpan sejarah yang menarik. Konon, pantai ini dulunya merupakan pelabuhan bagi pedagang-pedagang yang melakukan perdagangan dengan kerajaan Majapahit. Namun, seiring berjalannya waktu, pantai Krakal terlupakan dan menjadi tempat nelayan untuk mencari ikan.

Baru pada awal tahun 2000-an, pantai Krakal ditemukan kembali oleh para wisatawan dan akhirnya menjadi salah satu pantai yang populer di Jogja. Namun, karena lokasinya yang agak jauh dari pusat kota, pantai ini masih dianggap sebagai surga pantai yang tersembunyi.

Lokasi pantai Krakal yang terpencil membuat banyak wisatawan bingung tentang bagaimana cara menuju ke pantai ini. Di artikel ini, kami akan membahas rute, lokasi, dan harga tiket masuk pantai Krakal Jogja.

Rute Menuju Pantai Krakal

Rute menuju pantai Krakal cukup terjal dan bergelombang, sehingga membutuhkan kendaraan yang cukup kuat untuk mencapai pantai ini. Berikut adalah beberapa rute yang dapat diambil untuk mencapai pantai Krakal:

  1. Dari pusat kota Yogyakarta, Anda bisa menuju ke Jalan Wonosari. Kemudian, Anda harus terus mengikuti jalan ini sampai tiba di pertigaan Cepit. Di sini, belok kiri menuju ke Pantai Krakal. Anda harus terus mengikuti jalan ini sampai tiba di pantai.
  2. Alternatif lain adalah menuju ke Jalan Bantul dan terus mengikuti jalan ini sampai tiba di Pantai Baron. Dari sini, Anda bisa terus mengikuti jalan ini sampai tiba di pantai Krakal.

Lokasi Pantai Krakal

Pantai Krakal terletak di Dusun Krakal, Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai ini terletak sekitar 50 km dari pusat kota Yogyakarta, dan dapat dicapai dalam waktu sekitar 2 jam.

Harga Tiket Masuk Pantai Krakal

Untuk masuk ke pantai Krakal, Anda harus membayar tiket masuk. Berikut adalah harga tiket masuk ke pantai Krakal:

  • Pengunjung dewasa: Rp 10.000/orang
  • Pengunjung anak-anak: Rp 5.000/orang
  • Kendaraan roda dua: Rp 2.000/kendaraan
  • Kendaraan roda empat: Rp 5.000/kendaraan

Selain harga tiket masuk, Anda juga perlu membayar biaya parkir. Biaya parkir kendaraan roda dua adalah Rp 2.000, sedangkan biaya parkir kendaraan roda empat adalah Rp 5.000.

Tips Berkunjung ke Pantai Krakal

  1. Jangan lupa membawa perlengkapan snorkeling atau diving, karena pantai Krakal memiliki karang-karang yang indah dan sangat cocok untuk kegiatan tersebut.
  2. Jangan lupa membawa air minum dan makanan ringan, karena di sekitar pantai tidak terdapat banyak warung makan.
  3. Hindari berkunjung ke pantai Krakal pada hari libur atau akhir pekan, karena pantai ini dapat sangat ramai.
  4. Siapkan kendaraan yang cukup kuat dan berkondisi baik, karena jalan menuju pantai cukup terjal dan bergelombang.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi pantai Krakal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, perjalanan ke pantai Krakal cukup jauh dan melelahkan. Kedua, akses ke pantai ini cukup terjal, sehingga dibutuhkan kendaraan yang cukup kuat untuk mencapai pantai ini. Namun, usaha yang Anda keluarkan untuk sampai ke pantai ini pasti akan terbayar dengan keindahan pantai Krakal yang memukau.

Jadi, jika Anda ingin menikmati keindahan pantai yang belum terlalu terjamah dan menyimpan keindahan yang luar biasa, pantai Krakal adalah pilihan yang tepat. Nikmati panorama indah yang ditawarkan oleh pantai ini, nikmati kegiatan menyelam dan surfing, atau hanya bersantai di bawah terik matahari sambil menikmati udara segar dan angin laut yang menyejukkan. Selamat berlibur