cara mengembalikan file yang terhapus
source image: pexels.com

5 Cara Mengembalikan File yang Terhapus di HP dengan Mudah

Penting untuk mengetahui cara mengembalikan file yang terhapus di hp, karena bayangkan saja jika file yang terhapus adalah file yang sangat penting. Tentunya jika hal tersebut terjadi akan kesal, karena file yang penting menjadi hilang, jadi tidak heran untuk mengetahui bagaimana cara mengembalikannya.

Untuk mengembalikan file yang sudah terhapus sangat mudah, dimana memiliki dua cara yang bisa diterapkan pada ponsel pengguna. Yang pertama untuk mengembalikan filenya bisa menggunakan aplikasi bantuan dan tidak menggunakan aplikasi bantuan.

Kedua cara ini tentunya bisa digunakan tergantung oleh pengguna sendiri, jika tidak ingin memori ponsel berkurang maka gunakan solusi tanpa menggunakan aplikasi. Akan tetapi jika langkah-langkah kembalikan file tanpa menggunakan aplikasi serasa sulit, pengguna bisa menggunakan solusi penggunaan aplikasi.

Dan perlu diketahui, file-file yang sudah hilang bisa dikembalikan menggunakan aplikasi jika aplikasi sudah ter-install sebelumnya. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan file yang terhapus dengan menggunakan aplikasi dan tanpa menggunakan aplikasi, simak berikut ulasannya.

5 Cara Mengembalikan File yang Terhapus di HP dengan Mudah

Mengembalikan File dengan Aplikasi

Menggunakan Google Photos

Cara pertama untuk mengembalikan file foto atau video yang sudah hilang adalah dengan memanfaatkan aplikasi Google Photos. Google Photos adalah sebuah aplikasi yang dimiliki oleh Google dan pada umunya aplikasi ini adalah aplikasi bawaan ponsel.

Biasanya Google Photos akan mencadangkan foto atau video secara otomatis jika diizinkan oleh pengguna ponsel sebelumnya di pengaturan awal. Proses ini juga biasanya juga dilakukan jika ponsel terhubung dengan koneksi internet WiFi atau paket data.

Menggunakan Aplikasi Dumpster

Cara kedua untuk mengembalikan file yang sudah hilang adalah dengan menggunakan aplikasi Dumpster, dimana aplikasi ini bisa didapatkan di GooglePlay. Dan berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengembalikan file yang terhapus dengan Dumpster, simak berikut.

  • Download aplikasi Dumpster terlebih dahulu jika masih belum meng-install di ponsel
  • Kemudian, izinkan aplikasi untuk bisa mengakses memori penyimpanan ponsel
  • Dan secara otomatis, aplikasi akan menampilkan file-file yang sudah pernah dihapus sebelumnya di halaman utama. Agar lebih mudah, pengguna bisa mengkategorikan file sesuai dengan jenis filenya dengan menekan tombol “Dumpster”
  • Untuk mengembalikan datanya, pengguna hanya perlu menekan tombol “Restore” dan data akan secara otomatis akan muncul di folder terakhir file tersebut tersimpan
  • Jika data yang ingin dicari masi belum ditemukan, tekan tombol dengan garis tiga diatas, kemudian tekan “Deep Scan Recovery”
  • Maka otomatis data-data yang terhapus akan muncul, akan tetapi hanya tiga jenis file saja yang akan muncul, yakni images, video, dan audio
  • Dan tekan tombol “Restore to Gallery” untuk mengembalikan datanya

Menggunakan Google Drive

Cara ketiga untuk mengembalikanfile yang sudah hilang adalah dengan memanfaatkan Google Drive, akan tetapi ada hal yang perlu diperhatikan. Cara yang satu ini akan berhasil jika pengguna sudah mem-backup file ke Google Drive sebelumnya.

Jadi, jika pengguna belum menyimpan file atau mem-backup file pada penyimpanan Google Drive, file tentu saja akan tetap hilang. Caranya menggunakannya mudah, pengguna hanya perlu ke fitur “Trash” dan lakukan “Restore” dimana fitur ini digunakan untuk mengembalikan file yang sebelumnya sudah terhapus.

DigDeep Image Recovery

Cara yang keempat untuk mengembalikan file yang sudah hilang dengan mudah adalah dengan memanfaatkan aplikasi DigDeep Image Recovery. Dan perlu diingatkan kembali, cara ini bisa dilakukan jika sebelum file hilang, aplikasi ini sudah ter-install terlebih dahulu.

Selain itu, aplikasi ini hanya bisa mengembalikan file berupa foto dan video saja, untuk cara menggunakan aplikasi ini cukup mudah. Setelah aplikasi ini ter-install di ponsel, lakukan pemindaian folder dan secara otomatis aplikasi akan menampilkan file yang sudah terhapus sebelumnya.

Mengembalikan File tanpa Aplikasi

Menggunakan Fitur Trash

Cara yang terakhir untuk memgembalikan file yang sudah hilang adalah dengan menggunakan fitur Trash yang sudah ada pada ponsel. Dimana fitur ini sama halnya dengan fitur Recycle Bin pada laptop, file yang sudah terhapus sebelumnya akan langsung berpindah ke “Trash”.

JIka file tersebut sudah berpindah ke “Trash”, pengguna bisa memindahkannya kembali ke folder dimana file tersebut tersimpan sebelumnya, Dan biasanya jika di ponsel Redmi,pengguna hanya perlu memilih file tersebut dan klik icon “Undo”, dan file akan kembali.

 

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan jika ingin mengembalikan file yang sudah terhapus atau hilang di ponsel Anda. Meskipun beberapa cara yang bisa diterapkan tidak bisa mengembalikan semua tipe jenis file, masih ada beberapa cara lainnya yang bisa diterapkan oleh Anda.