Coban Sewu Keindahan Alam yang Memukau di Malang

Coban Sewu: Keindahan Alam yang Memukau di Malang

Pengantar

Coban Sewu adalah salah satu destinasi wisata yang terkenal di Malang. Terletak di kaki Gunung Bromo, tempat ini menawarkan pemandangan alam yang sangat indah. Tempat ini juga terkenal dengan air terjunnya yang sangat cantik. Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang Coban Sewu dan segala hal yang perlu kamu ketahui sebelum berkunjung ke sana.

Sejarah Coban Sewu

Coban Sewu berasal dari bahasa Jawa yang artinya “seribu air terjun”. Nama ini diberikan karena tempat ini memiliki banyak air terjun yang indah dan memiliki sejarah yang menarik. Pada zaman penjajahan Belanda, tempat ini digunakan sebagai tempat peristirahatan dan rekreasi bagi para pejabat Belanda. Setelah Indonesia merdeka, mulai dibuka untuk umum sebagai destinasi wisata.

Lokasi dan Rute Menuju Coban Sewu

Terletak di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Untuk menuju ke lokasi, kamu bisa mengambil rute dari Kota Malang ke arah Kecamatan Pujon. Setelah sampai di Kecamatan Pujon, kamu bisa mengikuti petunjuk arah ke tempat ini. Perjalanan dari Kota Malang memakan waktu sekitar 1,5 jam.

Fasilitas yang Tersedia

Tempat ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap untuk para wisatawan. Di sana terdapat area parkir yang luas, tempat makan, kamar mandi, dan warung souvenir. Tempat ini juga memiliki area camping yang bisa kamu gunakan jika ingin menginap di sana.

Tiket Masuk dan Jam Operasional

Tiket masuk cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 15.000 per orang. Tempat ini buka setiap hari dari pukul 08.00 pagi hingga 17.00 sore.

Keindahan Alam di Coban Sewu

Salah satu daya tarik utama dari tempat ini adalah keindahan alamnya yang memukau. Terkenal dengan air terjunnya yang sangat indah. Ada lima air terjun utama, yaitu Air Terjun Coban Sewu, Air Terjun Tumpak Sewu, Air Terjun Tumbar Sewu, Air Terjun Kabut Pelangi, dan Air Terjun Coban Pelangi. Setiap air terjun memiliki keindahan yang berbeda-beda.

Air Terjun Coban Sewu

Air Terjun Coban Sewu adalah air terjun yang paling terkenal di tempat ini. Memiliki ketinggian sekitar 120 meter dan airnya yang jernih dan segar. Di sekitar Air Terjun juga terdapat banyak pepohonan dan vegetasi yang membuat suasana menjadi lebih sejuk dan asri.

Air Terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu adalah air terjun yang memiliki keindahan yang sangat menawan. Memiliki ketinggian sekitar 70 meter dan airnya yang sangat jernih dan segar. Di sekitar Air Terjun juga terdapat banyak vegetasi yang membuat suasana menjadi lebih sejuk dan asri.

Air Terjun Tumbar Sewu

Air Terjun Tumbar Sewu adalah air terjun yang berada di tengah hutan. Untuk mencapai Air Terjun Tumbar Sewu, kamu harus melewati jalanan yang berbatu dan licin. Namun, setelah sampai di sana, kamu akan disambut dengan keindahan alam yang luar biasa.

Air Terjun Kabut Pelangi

Air Terjun Kabut Pelangi adalah air terjun yang sangat indah. Memiliki ketinggian sekitar 40 meter dan airnya yang sangat jernih dan segar. Di sekitar Air Terjun juga terdapat banyak pepohonan dan vegetasi yang membuat suasana menjadi lebih sejuk dan asri.

Air Terjun Coban Pelangi

Air Terjun Coban Pelangi adalah air terjun yang terletak di bagian atas tempat ini. Memiliki ketinggian sekitar 100 meter dan airnya yang sangat jernih dan segar. Di sekitar Air Terjun juga terdapat banyak pepohonan dan vegetasi yang membuat suasana menjadi lebih sejuk dan asri.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Selain menikmati keindahan alamnya, di tempat ini juga terdapat beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa berenang di kolam yang ada di bawah air terjun, berjalan-jalan di sekitar area Coban Sewu, atau camping di area yang disediakan.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Berkunjung

Saat berkunjung, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.

1. Jangan membuang sampah sembarangan.

2. Jangan merusak lingkungan sekitar.

3. Patuhi peraturan yang ada di Coban Sewu.

4. Jangan lupa membawa peralatan yang diperlukan seperti alas kaki yang nyaman dan air minum.

Kesimpulan

Coban Sewu adalah destinasi wisata yang sangat indah di Malang. Keindahan alamnya yang memukau membuat tempat ini menjadi salah satu tempat wisata favorit di Malang. Selain menikmati keindahan alamnya, di tempat ini juga terdapat beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan saat berkunjung.

Semoga bermanfaat.