Roro Kuning Legenda Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno

Roro Kuning: Legenda Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno

Asal Usul Roro Kuning

Roro Kuning adalah salah satu legenda yang berasal dari Kerajaan Mataram Kuno. Legenda ini bercerita tentang seorang putri dari Kerajaan Medang Kamulan yang bernama Dewi Ratih. Dewi Ratih adalah seorang putri yang sangat cantik dan memiliki kekuatan gaib yang luar biasa.

Pada suatu hari, Dewi Ratih bertemu dengan seorang pangeran dari Kerajaan Mataram Kuno yang bernama Raden Panji. Keduanya jatuh cinta dan akhirnya menikah. Namun, hubungan mereka tidak mendapat restu dari raja karena Raden Panji bukanlah seorang bangsawan yang memiliki kedudukan yang tinggi.

Setelah menikah, Dewi Ratih dan Raden Panji memutuskan untuk pergi meninggalkan kerajaan dan hidup di hutan. Mereka hidup bahagia di hutan dan memiliki seorang anak perempuan yang sangat cantik. Anak perempuan mereka diberi nama Roro Kuning.

Kisah Roro Kuning

Anak ini tumbuh menjadi seorang gadis yang sangat cantik dan memiliki kekuatan gaib yang sama seperti ibunya. Dia sering membantu orang-orang yang membutuhkan bantuan, terutama para petani yang kesulitan dalam bertani karena sering kali mendapat serangan dari hewan buas.

Suatu hari, Roro bertemu dengan seorang pemuda yang bernama Raden Mas Jolang. Pemuda tersebut jatuh cinta dan meminta izin untuk menikahinya. Namun, Roro tidak bisa memberikan jawaban karena dia merasa bahwa pernikahan mereka tidak akan mendapatkan restu dari ibunya.

Raden Mas Jolang tidak menyerah dan terus berusaha untuk mendapatkan hati anak ini. Dia meminta bantuan seorang dukun untuk membuat sebuah keris yang dapat memotong rumput dengan mudah. Setelah keris itu berhasil dibuat, Raden Mas Jolang memotong rumput di depan mata Roro dengan sangat mudah.

Melihat kehebatan keris tersebut, Roro akhirnya memberikan restu untuk menikah dengan Raden Mas Jolang. Namun, ibunya tidak setuju dan mengutuk Roro menjadi batu. Roro Kuning akhirnya berubah menjadi batu dan keris yang dimiliki oleh Raden Mas Jolang hilang.

Legenda Roro Kuning dalam Budaya Jawa

Legenda Roro Kuning menjadi salah satu cerita rakyat yang terkenal di Jawa. Cerita ini seringkali dijadikan sebagai bahan cerita anak-anak dan juga sebagai bahan pembelajaran di sekolah.

Bahkan, legenda ini juga sering diangkat dalam berbagai tarian tradisional di Jawa seperti tari gambyong dan tari bedhaya. Tarian-tarian tersebut mengisahkan kisah cinta Roro Kuning dan Raden Mas Jolang dengan gerakan yang indah dan elegan.

Selain itu, legenda ini juga sering dijadikan sebagai bahan inspirasi dalam pembuatan karya seni seperti lukisan dan patung. Beberapa karya seni tersebut menggambarkan momen-momen penting dalam cerita legenda ini.

Kesimpulan

Legenda Roro Kuning merupakan salah satu cerita rakyat yang sangat terkenal di Jawa. Kisah cinta antara Roro Kuning dan Raden Mas Jolang menjadi inspirasi bagi banyak orang dalam mencari cinta sejati.

Cerita ini juga menjadi pengingat bagi kita untuk selalu berhati-hati dalam mengambil keputusan dan mempertimbangkan segala hal dengan baik. Kita harus memahami bahwa setiap tindakan yang kita lakukan akan memiliki konsekuensi yang harus kita tanggung.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih telah membaca artikel tentang legenda Roro Kuning.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *