Puncak Waringin Labuan Bajo

Menikmati View di Puncak Waringin Labuan Bajo, Surga NTT yang Nyata 

Labuan Bajo semakin dikenal seiring makin populernya destinasi di sekitarnya yakni pulau Komodo dan pulau Padar. Bagi Anda yang berkunjung ke Pulau Komodo atau Pulau Padar pastilah akan transit ke daerah yang satu ini. Jangan salah! Anda pun sebenarnya dapat menikmati view yang sangat indah di daerah ini, yaitu Puncak Waringin Labuan Bajo.

Sejarah Puncak Waringin Labuan Bajo

Bulan Januari 2020 lalu Presiden Joko Widodo berkunjung ke Puncak Labuan Bajo. Wilayah dataran ini memiliki ketinggian 45 hingga 54 meter di atas permukaan laut. Karena pemandangan yang ada di Puncak begitu elok, akhirnya terbesit ide untuk menjadikan daerah tersebut menjadi destinasi wisata. 

Berawal dari situlah semua urusan mengenai pembangunan dipersiapkan dan tempat ini resmi dibangun. Puncak Labuan Bajo mulai dibangun pada Maret 2020. Nilai kontraknya sendiri mencapai Rp 18 miliar. Usai dibangun, tempat ini kemudian diresmikan pada tanggal 14 Oktober 2021. Prosesi peresmian pun  ditandai dengan adanya penandatanganan prasasti oleh Presiden Jokowi.

Jauh sebelum dibangun menjadi destinasi wisata, tempat ini sudah menyuguhkan pemandangan indah namun juga terbilang tempat yang berbahaya. Saat musim penghujan, tanah di Puncak Waringin Labuan Bajo tersebut rawan longsor. Namun sekarang sudah dipasang pagar pembatas sehingga wisatawan bisa aman menikmati indahnya panorama.

Lokasi, Rute, Jarak Tempuh dan Waktu 

Lokasi  wisata yang satu ini tidak lah jauh dari Bandara Internasional Komodo ataupun Pelabuhan Labuan Bajo. Dari Bandara Komodo Anda bisa menuju ke lokasi dengan jarak tempuh kurang dari 2 kilometer. Lokasinya pun berada pada Jalan Soekarno-Hatta dan tepat di pinggir jalan utama. 

Wisatawan akan dengan mudah mengakses wisata yang satu ini baik menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Anda hanya memerlukan waktu sekitar 5 hingga 6 menit saja untuk mencapai lokasi.

Daya Tarik Puncak Waringin Labuan Bajo

Dibangun dengan menghadap ke timur dan barat membuat wisata yang satu ini mempunyai daya tarik yang besar. Pasalnya Anda akan dimanjakan dengan view yang benar-benar indah dari perairan Labuan Bajo.

Bentuk bangunan tempat yang satu ini juga tak kalah menarik, karena menggunakan desain bangunan khas Bugis, Manggala dan tidak ketinggalan Bajo. Puncak Waringin Labuan Bajo sendiri sengaja dibangun untuk mengusung kearifan lokal dan pusat oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung baik Pulau Komodo ataupun Pulau Padar.

Dari Puncak Labuan Bajo Anda dapat menikmati panorama keindahan lautan Labuan Bajo yang memiliki warna sangat indah. Anda dapat melihat kapal-kapal yang bersandar serta berlabuh di sekitar dermaga menambah kecantikan lautan. 

Tidak hanya itu, Anda dapat melihat pulau-pulau di sekitar Labuan Bajo dari ketinggian termasuk Pulau Padar. Tempat ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk menikmati sunrise maupun sunset di Puncak Waringin Labuan Bajo. Pada intinya Anda akan dibuat takjub dengan pemandangan di sana.

Fasilitas dan Tiket

Ada beberapa fasilitas yang bisa didapatkan di Puncak Waringin Labuan Bajo, meliputi:

  • Toilet
  • Musholla
  • Pos jaga
  • Ruang genset
  • Area parkir
  • Taman amphiteater
  • Ruang publik
  • City walk

Dengan fasilitas yang ditawarkan tersebut bahkan Anda tidak perlu untuk membayar tiket masuk wisata ini alias gratis. Menyenangkan bukan? 

Jika Anda berada di hotel atau cafe di Labuan Bajo, jangan lupa untuk mengunjungi Puncak Waringin Labuan Bajo. Bahkan jika Anda mengunjungi Pulau Komodo dan Pulau Padar tidak ada salahnya juga mampir ke Puncak Waringin. Selain akan dapat menikmati indahnya lautan Bajo sebagai salah satu surga NTT yang nyata, uang Anda pun tidak akan terkuras.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *