Wisata Religi Jawa Tengah

5 Tempat Wisata Religi di Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi

Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi yang banyak dikunjungi sebagai destinasi wisata religi. Berbicara tentang wisata religi di Jawa Tengah, ada beberapa tempat yang wajib Anda kunjungi untuk menambah wawasan sejarah perkembangan agama Islam di tanah Jawa.

Daftar tempat wisata religi di Jawa Tengah

Beberapa tokoh ulama seperti Sunan Kalijaga, Sunan Muria dan Sunan Kudus merupakan tokoh yang sangat berpengaruh dalam penyebaran agama Islam di tanah Jawa, terutama di Jawa Tengah. 

Pada kesempatan kali ini akan sedikit mengulas tentang tempat-tempat wisata religi di Jawa Tengah beserta sejarah singkat penyebaran agama Islam yang dibawa oleh tokoh Islam terdahulu.

Masjid Agung Jawa Tengah

Tempat wisata religi di Jawa Tengah yang pertama yang wajib Anda kunjungi adalah Masjid Agung Jawa Tengah. Masjid ini berlokasi di jalan Gajah Mada, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang.

Desain masjid ini memiliki konsep perpaduan gaya arsitektur Jawa dan Timur Tengah. Masjid ini juga memiliki tiang dengan motif batik sebagai simbol seni budaya tradisional Jawa. Di serambi masjid terdapat juga payung hidrolik raksasa yang bisa terbuka sendiri secara otomatis. Konsep diadaptasi dari masjid Nabawi, Madinah. 

Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak merupakan masjid peninggalan pada masa kerajaan Islam Demak yang dipimpin oleh Raden Patah. Masjid tersebut ditetapkan oleh pemerintah setempat sebagai cagar budaya yang terus dijaga bangunan dan arsitekturnya yang unik. Sempat dilakukan renovasi pada masjid ini, tetapi dengan tidak merubah wujud asli dari bangunan tersebut.

Di sini Anda juga bisa mempelajari bagaimana perkembangan penyebaran agama Islam pada masa itu. 

Lokasi masjid ini cukup mudah di jangkau karena terletak di alun-alun kota Demak. 

Makam Sunan Kalijaga

Tak jauh dari komplek Masjid Agung Demak, terdapat makam Sunan Kalijaga yang bisa Anda kunjungi untuk berziarah. Lokasi makam tersebut berada di jalan Raden Sahid desa Kadilangu, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak.

Dalam penyebaran agama Islam, Beliau menggunakan metode seni agar mudah diterima oleh masyarakat pada masa itu. Seni yang beliau gunakan adalah seni musik yaitu berupa syair-syair nasehat dan seni wayang kulit. Sunan Kalijaga diketahui merupakan salah satu tokoh dari Wali Songo.

Masjid Menara Kudus

Masjid ini berlokasi di jalan Menara, Pejaten, Kauman kota Kudus. Masjid ini dibangun oleh Sunan Kudus pada tahun 956 Hijriah. Uniknya, pada masjid ini memiliki menara berbentuk seperti candi. Hal ini dikarenakan pengaruh budaya Hindu-Budha yang masih melekat pada masyarakat pada masa itu. 

Makam Sunan Muria

Daftar tempat wisata religi di Jawa Tengah selanjutnya adalah makam Sunan Muria. Makam ini berada di puncak gunung Muria Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus dengan ketinggian lebih dari 1600 meter di atas permukaan laut. Untuk menuju makamnya, ada dua jalur yanf bisa Anda lewati, yaitu jalur jalan kaki dan jalur sepeda motor. 

Untuk jalur jalan kaki, Anda harus melewati ratusan anak tangga untuk sampai ke makam Sunan Muria. Sedangkan untuk jalur sepeda motor, Anda bisa menggunakan jasa ojek yang disediakan oleh pihak pengelola atau menggunakan sepeda motor Anda sendiri. Tarif yang diberikan adalah Rp.20.000 untuk satu kali jalan.

Diketahui Sunan Muria juga merupakan salah satu tokoh dari Wali Songo. Wilayah dakwahnya meliputi Kudus, Pati dan daerah-daerah pedalaman sekitar gunung Muria.

Itulah tadi sedikit ulasan tentang beberapa tempat wisata religi di Jawa Tengah yang bisa Anda kunjungi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *